9 Hari Ops Zebra Lancang Kuning, 1.658 Pengendara Langgar Lalu Lintas di Pekanbaru

Kapolresta-dan-Kasat-imbau-pengendara-tertib.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 sudah sembilan hari dilaksanakan. Ada 1.658 pelanggar lalu lintas yang ditindak Satlantas Polresta Pekanbaru dengan rincian, penindakan tilang 384 dan teguran 1.274.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian didampingi Kasatlantas Kompol Birgitta Atvina Wijayanti mengimbau kepada masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas. 

"Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih mematuhi peraturan lalu lintas. Mari tertib berlalu lintas," ujar Kombes Jefri, Selasa, 12 September 2203.

Lanjut Kombes Jefri, kegiatan ini lebih mengedepankan kegiatan preemtif yakni dengan melakukan imbauan dan edukasi kepada pengguna jalan. 

Tidak hanya memberikan edukasi dan imbauan tertib berlalu lintas Satlantas Polresta Pekanbaru juga membagikan helm kepada beberapa pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. 


Saat pemberian Helm Kapolresta juga menyampaikan pesan keselamatan kepada pengguna jalan, ia berpesan agar menggunakan Helm setiap mengendarai sepeda motor untuk keselamatan selama berkendara.

"Jangan menggunakan helm karena ada melihat petugas, tapi gunakan Helmnya setiap berkendara untuk keselamatan selama berkendara," imbau Kapolresta.

"Selalu gunakan helm untuk keselamatan, baik itu pengendara maupun yang dibonceng, apalagi yang dibonceng anaknya," pungkasnya. 

Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 akan berjalan selama 14 hari, hingga 17 September 2023 nanti.

Artikel ini ditulis Lukman Elhakim, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE