Kakanwil Kemenag dan KBIHU Haromain Buka Praktik Manasik Haji 2024

Kakanwil-kemenag-buka-manasik-haji.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Pekanbaru, Syahrul Mauludi, membuka Praktik Manasik Haji untuk Calon Jamaah Haji (CJH) 2024 di Masjid Al Khairat Munawwarah, Jalan Cumi-cumi, Pekanbaru, Minggu, 10 September 2023.

Dalam sambutannya, Syahrul Mauludi menyampaikan apresiasinya untuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Haromain yang telah melaksanakan kegiatan Praktik Manasik Haji kepada CJH 2024.

"Ini sesuatu yang bagus, terimakasih kepada KBIHU Haromain yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Masjid Al Khairat Munawwarah," katanya

"Ikuti materi dan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh semoga ke depannya akan lebih terarah dalam melaksanakan ibadah haji," ujar Syahrul.

Menurut Syahrul, mempersiapkan ibadah haji lebih rumit daripada memberangkatkan pasukan tempur keluar negeri.

"Haji ini, dinamikanya luar biasa, ada 221 ribu ditambah 8000, jadi hampir 300 ribu dengan dinamika berbeda dan kloter berbeda. Itu luar biasa," sebutnya.

Sesuai UU haji terbaru dalam pemerintahan, Syahrul menyebut ada 3 tugas besar untuk mempersiapkan ibadah haji, yakni pelayanan, pembinaan dan perlindungan serta pengamanan calon jemaah haji.


Syahrul berharap pemberangkatan CJH yang bertepatan dengan pesta demokrasi 2024 tidak mengalami kendala.

"Banyak kegiatan politik semoga keberangkatan CJH tidak lalai dan tertunda. Dengan ini saya membuka Praktik Manasik Haji di Masjid Al Khairat Munawwarah," pungkasnya.

Di tempat yang sama, KBIHU Haromain juga Ikut memberikan materi kepada CJH 2024 di dalam masjid.

Pengurus KBIHU Haromain, Rubianto, menyebutkan kegiatan praktik manasik haji ini rencananya akan dilakukan sebanyak 20-25 kali pertemuan.

"Standar dari Kemenag itu 15-20 kali pertemuan. Namun kita yang tergabung grup KBIHU Haromain akan melakukan Praktik Manasik Haji 20-25 kali," ujar Rubianto kepada CJH, Minggu, 10 September 2023.

Lebih lanjut, pria yang juga pengurus Mualaf Center An Nur ini menyebutkan usia tertua yang akan berangkat ke tanah suci ada di angka 82 tahun dan yang paling muda di angka 35/36 tahun.

"Semua golongan tergabung di KBIHU Haromain, ada TNI AU, mubaligh, dokter bedah, akademisi dan juga ada bidan dari berbagai kalangan," terangnya.

Rubianto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada CJH 2024 yang tergabung dalam KBIHU Haromain.

"Terima kasih kepada semua pihak, yang telah mempercayakan KBIHU Haromain tempat menimba ilmu manasik haji semoga jadi haji mabrur nantinya," tutup Rubianto.