Banjir Kepung Pekanbaru, Muflihun Sebut Hal Ini Biang Keroknya!

Muflihun102.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sejumlah kawasan di Kota Pekanbaru tergenang air, Rabu 6 September 2023. Kondisi ini terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kota sejak pagi hingga siang.

Satu lokasi terdampak banjir di Jalan Puyuh Mas, Tangerang Tengah. Banjir melanda pemukiman warga dan menggenangi rumah hingga ketinggian air mencapai satu meter.

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun langsung turun ke lokasi banjir. Ia bersama Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru dan sejumlah unsur terkait melihat kondisi di Tangerang Tengah.

 

"Jadi hari ini kita menunjau lokasi banjir di Kota Pekanbaru yang mana hampir rata. Ini karena melimpahnya parit, air sungai, debit air hujan terlalu besar maka air meluap," paparnya.

 

Ia menyampaikan banyak menerima aduan dari masyarakat. Menurutnya, pemerintah kota berupaya melakukan koordinasi mencari solusi banjir yang sudah berlangsung bertahun-tahun.


 

"Saya bertanya, banjir ke berapa di sini, sudah berapa tahun banjir di sini. Artinya kami yang baru ini ingin tahu, di mana dan apa penyebab masalahnya sehingga kita akan coba berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat, tapi bantu kami, apa penyebab banjir ini, nanti kita cari solusinya," paparnya.

 

Sementara itu, Ketua RW 11 Tangerang Tengah mencatat hampir 200 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir. Pihaknya sudah melakukan pendataan guna bantuan evakuasi maupun konsumsi.

 

"Bahwa terdampak banjir ini hampir 200 KK. Sekarang intensitas hujan sudah berkurang dan air mulai surut, tapi untuk kedalaman masih tetap dalam seperti di dekat parit," ujar Ketua RW 11 Tangkerang Tengah, Affandra Madema kepada Riau Online.