Masyarakat Khawatir Jalan Lintas Rimbo Panjang Jadi Sarang Sampah

Tumpukan-sampah20.jpg
(Riau Online/Haslinda)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tumpukan sampah terlihat berserakan di sepanjang Jalan Lalu Lintas Pekanbaru - Kampar, Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang.

Dari pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Kamis 24 Agustus 2023, sampah yang menggunung tersebut mengeluarkan bau tidak sedap hingga bertebaran ke badan jalan.

Salah satu warga sekitar, Adul menduga kotoran berasal dari masyarakat tempatan yang sengaja membuang sampah di pinggir jalan.

"Di sini kan perumahan udah pada banyak. Jadi bisa saja ada satu dua orang yang mulai buang sampah di situ, jadi yang lain pada ngikut, ujarnya.

Menurut Adul kondisi ini kian mengkhawatirkan sebab lokasi pembuangan bahkan dekat dari Polsek Tambang.


"Sedangkan dekat dari kantor kepolisian aja masyarakat berani. Takutnya ke depan makin banyak yang buang sembarangan dan jalan lintas Rimbo Panjang jadi sarang sampah," tegasnya.

Sementara, pengendara yang melintas, Lilis  mengaku resah karena merusak pemandangan jalan dan menimbulkan pencemaran lingkungan.

"Merusak pemandangan pastinya. Trus sampahnya bukan hanya plastik, tapi sampah dapur jadinya banyak lalat dan berair," pungkasnya.

Lilis berharap, petugas kebersihan bisa lebih jeli memperhatikan titik-titik pembuangan dan memberikan efek jera bagi masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya.