Singgih Arya Bintang dan Welika Maurenza Prista Resmi Jadi Bujang Dara Riau 2023

Bujang-dara-20231.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemilihan Bujang dan Dara Riau 2023 telah berlangsung pada Sabtu, 19 Agustus 2023, malam di Anjung Seni Idrus Tintin, Bandar Serai MTQ, Kota Pekanbaru. Sebanyak 24 finalis dari 12 kabupaten kota yang ada di Riau tampil memukau dengan mengenakan pakaian adat Melayu Riau.

Para finalis ini pun catwalk di red carpet terlebih dahulu di depan para penonton dan dewan juri. Sorak sorai pun menghiasi serunya acara Bujang Dara 2023 oleh para pendukungnya.

Dari 24 finalis yang tampil, babak penyisihan pun dilakukan menjadi 5 besar untuk setiap Bujang dan Dara. Kemudian, Bujang dan Dara yang masuk 5 besar diseleksi dengan pertanyaan yang telah diberikan oleh dewan juri. Finalis hanya boleh menjawab 30 detik.

Dewan juri pun memberikan penilaian dan kemudian memilih tiga besar Bujang Dara Riau 2023. Bujang Dara yang terpilih, harus berjuang lagi untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Kemenparekraf secara virtual dalam waktu satu menit.

Bujang Dara kembali dikerucutkan menjadi tiga besar untuk menetapkan juara 1 hingga 3. Pemilihan cukup sengit, hingga akhirnya dilakukan pemilihan Bujang Dara dengan kategori Fotogenik, Intelligence, Persahabatan, dan Favorit.

Setelah melewati proses yang cukup menegangkan dan panjang, Bujang Dara 2022 mentas terlebih dahulu untuk catwalk dan memberikan seutas narasi terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat serta harapan untuk Bujang Dara 2023 ke depannya agar lebih baik. Secara terbuka, Bujang Dara 2022 Harris Ilham Rahadi asal Kota Pekanbaru dan Annisa Fadhila dari Kabupaten Kuansing memasangkan tanjak dan mahkota bagi finalis terpilih. 



Di atas panggung spektakuler itu, akhirnya Singgih Arya Bintang asal Rokan Hulu (11) dan Welika Maurenza Prista asal Pekanbaru (14) terpilih sebagai Bujang Dara 2023. Penonton pendukung pun teriak secara histeris atas capaian yang telah diberikan kepada kedua finalis itu.

Urutan kedua besar yakni Bujang asal Kuantan Singingi Difky Gusvinanda (13) dan Dara asal Indragiri Hilir Adilah Salsabilla (6). Kemudian, urutan ketiga besar yakni Bujang asal Kepulauan Meranti M Fikri Haikal (11) dan Dara asal Kota Dumai Fazya Putri (4).

Para pemenang ketiga besar Bujang Dara 2023 ini mendapat uang tunai sebesar Rp 3 juta, piala, piagam, liburan ke Rupat, serta bingkisan dari sponsor oleh-oleh dan kosmetik.

Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf RI, Masruroh,  menyebut pariwisata tidak terlepas dari duta yang diharapkan bisa menyuarakan.

Menurutnya, seindah dan sehebat apapun pariwisata jika tidak disampaikan kepada masyarakat luas itu tidak maksimal. 

"Saya sangat berharap kepada Bujang Dara baik yang juara I, II, III, maupun yang lainnya bisa menjadi Duta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau," harapnya.

Menyoal proses penampilan dibalut dengan tarian tradisional, Masruroh mengatakan pemilihan Bujang Dara 2023 yang dibalut tarian tradisional sebagai sesuatu yang luar biasa. Diakuinya, Riau telah menampilkan pemilihan putra-putri daerah dengan nuansa tradisional yang sangat kental."Pemilihan seperti ini sudah beberapa kali. Namun, pesannya sama tetap memasarkan pariwisata dan ekonomi kreatif di sini (Riau)," pintanya.

Sementara itu, Bujang Dara atribut diraih oleh Bujang Bengkalis Anggi Kfta dengan kategori intelegence. Kategori fotogenik diraih oleh dara asal Pelalawan yakni Elnov Putri Rahmadhini. Lalu, kategori persahabatan diraih oleh dara asal Bengkalis Fazrara Ingrar. Terakhir, kategori favorit diraih oleh dara asal Kuantan Singingi Clarissa Vania Indriati.

Para finalis yang memperoleh atribut favorit r dibidang intelligence, fotogenik, persahabatan, dan favorit itu mendapat uang tunai Rp 2.5 juta, piagam, selempang, dan piala serta bingkisan oleh-oleh.