Listrik Perkantoran Rawan Terbakar, Pj Wako Ingatkan Periksa Instalasi

Kantor-kepala-BPKAD-Pekanbaru-terbakar.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Insiden kebakaran di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Rabu 16 Agustus 2023, malam diduga terjadi akibat arus pendek listrik.

Kebakaran terjadi setelah listrik sempat padam akibat cuaca buruk yang melanda kota pada Rabu malam. Curah hujan cukup deras diiringi angin kencang.

"Sempat mati lampu. Kemudian pas lampu hidup, langsung berasap, kebakaran," ujar Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Jumat 18 Agustus 2023.

Muflihun menyebut, kantor yang terbakar bakal segera dibenahi. Ia mengingatkan agar seluruh jaringan listrik di gedung yang ada dalam Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya diperiksa.

Mantan Sekretaris DPRD Provinsi Riau ini khawatir perkantoran rawan kebakaran akibat jaringan listrik yang tidak bagus. Padahal gedung-gedung di dalam komplek perkantoran di Tenayan ini terbilang baru.


Muflihun meminta kejadian ini bisa menjadi pelajaran ke depannya agar lebih memperhatikan jaringan listrik. 

"Kita lihat ke depan, kita cek lah instalasi listrik, bisa awet," ulasnya.

Pasca insiden kebakaran tersebut, Gedung Lontiok di Komplek Perkantoran Tenayan Raya dipasang garis polisi, Kamis 17 Agustus 2023. Kebakaran melahap sejumlah barang yang ada dan memecah kaca jendela kantor.

Di Gedung Lontiok sendiri, lantai 1 dan 2 merupakan ruang BPKAD, lantai 3 ada ruang Inspektorat, lantai 4 Dinas Pertahanan dan Badan Pengembangan dan Penelitian, lantai 5 juga dipakai untuk Kantor Badan Pengembangan dan Penelitian.

Api melahap ruangan Kepala BPKAD yang berada di lantai 2 gedung B3 tersebut. Untungnya Kebakaran terjadi saat tidak ada aktivitas di kantor yang berada di Jalan Badak itu.