Warga Keluhkan Tumpukan Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Subrantas Panam

Tumpukan-sampah19.jpg
(Haslinda/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Tumpukkan sampah berserakan di pinggir jalan HR. Subrantas Panam, tepatnya 500 Meter menuju kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim (UIN Suska) Riau.

Dari pantauan RIAUONLINE.CO.ID Senin 14 Agustus 2023, telihat sampah tersebut mengeluarkan bau tidak sedap hingga bertebaran ke badan jalan.

Pengendara motor yang melintas, Muh mengaku kesal mengingat permasalah sampah di Pekanbaru tidak pernah terselesaikan.

"Aku tiap hari lewat situ enggak pernah bersih. Mulai dari ketika sampah diurusi swasta sampai sekarang diurus pemerintah, sampah di situ selalu ada," ujarnya.

Kendati demikian, Muh menuturkan permasalahan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun adanya kesadaran dan kedisiplinan warga sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan.


"Tapi emang balik lagi ke masyarakatnya sih. Setauku orang DLHK rutin ngutip sampah, berarti emang masyarakatnya yang bandel. Tapi kalau di lokasi rumah mereka petugas DLHKnya mandek, berarti pemerintah harus ada evaluasi soal kinerja mereka ngurusin sampah," tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan Eni. Menurutnya tumpukan sampah itu tidak hanya mengganggu pandangan, tetapi bisa membahayakan pengendara yang lewat.

 

"Aku cuma beharap semoga ada solusi. Takutnya kalau dibiarin, makin banyak yang buang sampah di situ, apalagi itu jalan lintas," pungkasnya.