Marwan Yohanis Tegaskan Perusahaan Jangan Buka Lowongan Kerja Diam-diam

Anggota-dewan-Marwan-yohanis.jpg
(BAGUS PRIBADI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masalah tenaga kerja masih menjadi perhatian anggota DPRD Riau setelah melakukan reses selama sepekan terakhir.

Seperti Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau, Marwan Yohanis, mengatakan perusahaan-perusahaan yang ada di Riau hendaknya berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) terkait lowongan pekerjaan di lingkungan perusahaan.

"Kami sudah pernah berkomitmen dengan Disnaker, agar tidak ada lowongan kerja secara diam-diam, semua harus disampaikan terbuka," kata Marwan Yohanis, Senin, 31 Juli 2023.

Hal itu dikatakannya mengingat masih banyak anak-anak muda di sekitar perusahaan di Riau yang belum memiliki pekerjaan. Ditegaskan Marwan, kalaupun perusahaan memerlukan tenaga kerja dari spesifikasi tertentu, harus dipastikan memang tidak ada putra daerah yang memiliki spesifikasi tersebut.


"Tapi yang diprioritaskan utama adalah anak daerah, supaya tidak ada konflik nanti di wilayah industri tersebut. Saya bicara begini karena sudah sangat banyak sekali contohnya," kata Marwan.

Marwan menegaskan, DPRD Riau tidak akan menghalangi siapapun orang dari luar Riau yang ingin bekerja di Bumi Lancang Kuning ini.

“Tapi persentase yang ditetapkan perusahaan harus proporsional dengan mempertimbangkan banyak hal,” tandasnya.