Pemkab Inhu Tampilkan Etnik dan Budaya di Gernas BBI BBWI, Warga: Ini Ciri Khas Riau

Stan-Pemkab-Inhu.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) tampil beda dalam Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (BBI BBWI) masih berlangsung hingga Minggu, 30 Juli 2023.

Tak hanya UMKM, Pemkab Inhu menampilkan budaya dan etnik Suku Talang Mamak. Masyarakat yang berkunjung ke stan milik Pemkab Inhu ini pun tampak tertarik dengan keunikan yang dihadirkan.

"Saya rasa Inhu lah yang paling sesuai tema BBI BBWI," ucap Gilang, satu dari warga yang turut memeriahkan Gernas BBI BBWI.

Hal senada juga disampaikan rekannya, Aldi. Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau maupun Pemkab dapat mencontoh keseriusan Pemkab Inhu melestarikan adat dan budayanya. Seharusnya, kata dia, masing-masing daerah menunjukkan ciri khasnya.


"Kabupatan kota kan punya ciri khas masing-masing misalnya dari rumah adat. Pemprov harus menggodog lebih jelas untuk kabupaten kota sehingga fell-nya dapat. Ini lho ciri khas Riau," katanya.

Diakui keduanya, stan Pemkab Inhu benar-benar menampilkan etnik dan keberagamaan Indonesia.

Menariknya, Pemkab Inhu juga turut menampilkan sejumlah tarian tradisional. Di antaranya, tarian rentak bulian, nandung, dan tumbuk lesung.