HUT ke-76, BMKG: Tingkatkan Layanan dan Bebas Bencana

HUT-BMKG.jpg
(Dok. BMKG Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 dengan tema "Melaju Bersama BMKG untuk Indonesia Maju dan Selamat", Jumat, 21 Juli 2023. 

Kepala BMKG Riau, Ramlan, mengatakan pihaknya akan terus berbenah diri untuk selalu meningkatkan kapasitas personel maupun peralatan guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

"Hal ini tentunya menjadi harapan ke depan agar terbebas dari segala bahaya dan bencana (zero victim)," jelasnya pada RIAU ONLINE.

Ramlan menjelaskan BMKG terus membangun komunikasi dan kolaborasi secara intens dengan berbagai stakeholder dan memberikan informasi serta akurasi prediksi yang terus ditingkatkan. Dengan begitu, seluruh stakeholder lebih siap dan sigap dalam menghadapi segala bentuk kemungkinan yang ditimbulkan.


Menyoal prediksi cuaca di Riau pada 2023 mengalami kemarau kering dibanding tiga tahun sebelumnya. Pengaruh el nino ini telah ditunjukkan dengan adanya kenaikan suhu mencapai 35.5 derajat celcius. Prediksi lainnya masih akan terjadi hujan hingga Agustus mendatang di sebagian wilayah Riau yakni Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Forecaster On Duty BMKG Riau, Sanya G, mengungkap kondisi cuaca Riau per 21 Juli 2023 cerah berawan hingga berawan. Prediksi cuaca ini akan berlangsung hingga malam hari.

"Suhu udara mencapai 23.0 hingga 34.5 derajat celcius. Sementara kelembapan udara dari 50 sampai 97 persen. Terakhir, arah angin dari Tenggara ke Barat Daya 09 sampai 30 km/jam," jelasnya.