Mulai Hari Ini, Warga Kampar dan Pekanbaru Nikmati Air Bersih Langsung Minum

Syamsuar770.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Warga Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru akhirnya dapat menikmati air bersih langsung minum mulai hari ini, Selasa, 27 Juni 2023. 

Gubernur Riau, Syamsuar, hadir langsung meresmikan air bersih yang langsung dikonsumsi masyarakat didampingin Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal, Sekda Pekanbaru Indra Pomi, Pj Bupati Kampar Firdaus, dan pejabat setempat. Peresmian juga dilangsungkan secara daring kepada pengguna SPAM. 

Air bersih langsung minum ini dioperasikan oleh PT PP Tirta Siak anak usaha dari PT PP Infrastruktur melalui Instalasi Pengolahan Air Sistem Pengolahan Air Minum (IPA SPAM) berkapasitas 1000 liter per detik.

"SPAM regional lintas Kota Pekanbaru dan Kampar ini akan melayani masyarakat di dua kabupaten. Untuk sumber baku dari Sungai Kampar. Jumlah pelanggan yang akan dilayani kurang lebih 624 ribu jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah dengan peningkatan cakupan layanan 0 persen di area pelayanan, menjadi 55 persen greenfields," ucap Direktur Utama PT PP Infrastruktur, Rully Noviandar.


Rully menjelaskan kehadiran SPAM sangat penting bagi dua daerah ini lantaran memiliki standar kualitas air untuk pelanggan yang telah layak minum. Tak hanya itu, layanan pelanggan ini berlaku selama 24 jam.

SPAM yang berada di Desa Kualu, Kabupaten Kampar ini lengkap dengan bangunan, pipa transmisi, dan jaringan distribusi di area pelayanan. Beroperasinya SPAM atas kerja sama antara PT PP Tirta Riau, Perumdam Tirta Siak Kota Pekanbaru, Perumdan Tirta Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau.

Ke depan lanjut Rully, pihaknya akan bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia dan PT Sarana Multi Infrastruktur.

"Beberapa proyek yang sudah dikerjakan antara lain infrastruktur telekomunikasi layanan fiber optic dan pengelolaan air minum. Ini salah satu proyek utama PP Infrastruktur dengan beberapa SPAM yang sudah dioperasikan di Bekasi, Tangerang Selatan, Gresik, Pekanbaru, Batam, dan lintas Pekanbaru-Kampar," tutupnya.