Ini Dia Dua Sosok Peraih Anugerah Khusus Komunikasi Digital Riau Online

CEO-ROL-GUBRI-Eks-Kapolda.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sukses merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-8, RIAU ONLINE sebagai portal berita online terus bergerak maju memberi perubahan sesuai tagline aktual, independen, dan terpercaya. Pada ulang tahun 2023 ini, RIAU ONLINE membuat gebrakan besar melalui Anugerah Digital Riau Online 2023.

CEO RIAU ONLINE Fakhrurodzi Baidi bersama dengan para juri di antaranya Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau Bambang Pratama, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau M Badri, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru Eko Faizin, dan Penggiat Media Sosial sekaligus Konten Kreator Raden Heru, memutuskan 8 kategori Anugerah Komunikasi Digital Riau Online 2023 dan 2 sosok Penerima Anugerah Khusus.

Pada malam puncak yang berlangsung Minggu, 25 Juni 2023 malam, para tamu undangan dan peraih penghargaan pun datang. Bahkan, ada yang hadir langsung dari ibukota Jakarta yakni Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, sebagai peraih Anugerah Khusus Komunikasi Digital Riau Online 2023.

Para juri menilai, mantan Kapolda Riau itu berhak menerima penghargaan khusus ini lantaran mencetuskan ide cemerlang menciptakan inovasi informasi deteksi dini karhutla melalui Dashboard Lancang Kuning sebagai cikal bakal Dashboard Nusantara yang bisa diakses seluruh masyarakat.

Keahlian jenderal polisi bintang dua di dunia cyber juga menjadi alasan Irjen Pol Agung ditugaskan secara khusus ke Riau pada 2019 untuk menciptakan sistem deteksi dini kebakaran hutan dan lahan. Sistem digital ini bahkan  diapresiasi mendapat apresiasi Kapolri.

"Rasanya ini menjadi nostalgia bagi saya. Membangun Dashboard Lancang Kuning sejatinya sedang memperbaiki dari apa yang salah dari penanganan. Tentunya kita tahu tidak bisa berlama-lama dengan kesalahan dan harus memperbaiki dan itu memungkinkan," ungkapnya.

Lebih jauh, menurutnya saat ini semua sektor tengah membangun dunia digital untuk lebih maju dan lebih baik. Pemerintah juga dituntut untuk berbasis elektronik.


"Ini menjadi PR besar bagi kita semua dan pemerintah yang berbasis elektronik ini memerlukan ekosistem yang baik baik di internal dan luar. RIAU ONLINE menjadi bagian sistem uang nantinya memadukan bagaimana informasi yang akurat, independen, dan terpercaya. Itu sesuatu yang harus diperjuangkan," terangnya. 

Menurutnya, seluruhnya sedang berpacu dengan teknologi. Dirinya menyebut, siapa yang mendahului dan yang tertinggal dengan kemajuan teknologi atau akan tetap terus mengendalikan dengan kemanusiaan yang dimiliki.

Gubernur Riau, Syamsuar, juga menjadi sosok yang mendapat Anugerah Komunikasi Digital Riau Online 2023 secara khusus. Syamsuar dinilai sebagai pemimpin yang telah menerapkan digitalisasi dalam menjalankan tugasnya kepada masyarakat. Ia dinilai konsisten dan menjadi inspirasi serta motivasi bagi jajaran di lingkungan Pemprov Riau.

"Terima kasih kepada RIAU ONLINE untuk penghargaan ini dan ini akan kami jadikan motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik," ungkapnya di hadapan para tamu undangan.

Syamsuar mengatakan sistem digitalisasi telah ia terapkan sejak menjabat Bupati Siak dua periode, khususnya pada pelayanan Puskesmas pada 2011. Di bawah kepemimpinannya, Syamsuar banyak membuat aplikasi digital dan mendirikan pembangunan berkelanjutan guna meningkatkan pelayanan masyarakat. 

Ada 32 OPD dari 36 yang telah memiliki aplikasi dan masih banyak aplikasi lain yang bermanfaat guna mendata validasi di Riau.

"Penghargaan ini bermanfaat bagi kami dan masyarakat. Oleh karena itu, ini menjadi motivasi kami dan tim agar dapat memberikan layanan prima," ucapnya.