Sederet “Bobrok” Oknum Polda Riau Terkuak ke Publik

Ilustrasi-Polri.jpg
(LIPUTAN6.COM)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sengkarut di Polda Riau seakan tak kunjung usai. Satu per satu kelakuan “bobrok” oknum personel polisi di Bumi Lancang Kuning terbongkar.

Hingga Juni 2023, sudah lebih dari 10 kasus oknum personel Polda Riau yang bermasalah sebagaimana dirangkum RIAU ONLINE, Minggu, 11 Juni 2023:

1. Oknum Polres Kuansing Utang Rp 1 Miliar Lalu Gantung Diri

Briptu Riyan Yoga Saputra tewas gantung diri usai memiliki hutang Rp 1,1 miliar  termasuk utang kepada Kapolres Kuansing saat itu, AKBP Rendra Oktha Dinata.

Karena tak mampu melunasi utang, Briptu Riyan Yoga Saputra akhirnya gantung diri di asrama polisi, Jumat, 17 Februari 2023 lalu.

Baca Selengkapnya: Diduga Terlilit Utang Rp 1,1 M Jadi Alasan Briptu Riyan Yoga Gantung Diri

2. Dua Oknum Polres Kuansing Peras Warga Rp 50 Juta

Bripka HK dan Briptu RN yang bertugas di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) diduga melakukan pemerasan terhadap keluarga pelaku penyalahgunaan narkoba berinisial MD. 

Tak tanggung-tanggung, jumlah uang yang diminta mencapai Rp 50 juta. Uang Rp 50 juta tersebut sebagai jaminan untuk mengeluarkan satu unit mobil yang saat itu menjadi barang bukti.

Baca Selengkapnya: Dua Oknum Polres Kuansing Peras Warga Rp 50 Juta

3. Hamili Dokter, Oknum Polres Kuansing Kabur saat Sidang Kode Etik

Bripda MS yang bertugas di Polres Kuansing kabur saat akan dilakukan sidang kode etik oleh Polres Kuansing. Dia disidang kode etik usai menghamili calon dokter dan kabur meninggalkannya.

Selengkapnya: Polisi Kuansing Hamili Calon Dokter Kabur Saat Akan Sidang Kode Etik

4. Oknum Polres Inhil Pesta Sabu

Brigadir HM yang berdinas di Sat Tahti Polres Indragiri Hilir (Inhil) tertangkap tangan tengah pesta sabu di sebuah rumah di Pekanbaru, Senin, 13 Maret 2023.

Brigadir HM diamankan bersama dua orang warga lainnya dan barang bukti satu paket narkotika jenis sabu seberat 2,5 gram yang disimpan di saku celana.


Selengkapnya: Oknum Polres Inhil Ditangkap Dalam Kasus Narkoba di Pekanbaru

5. Oknum Polres Siak Pesta Sabu

Bripka AS (40) bersama dua temannya ditangkap di Desa Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, Riau. Anggota Polres Siak itu ditangkap saat pesta sabu, Kamis, 27 Maret 2023.

"Benar telah kita dilakukan ungkap kasus tindak pidana narkotika jenis sabu oleh Polsek Lubuk Dalam. Diduga dilakukan oleh personel Polri Polres Siak berinisial Bripka AS," ujat Kabid Humas Polda Riau, Kombes Nandang.

6. Oknum Polres Bengkalis Bripka BA Terlibat Suap Rp 20 Juta Lebih

Oknum Bripka BAyang berdinas di Polres Bengkalis diperiksa propam karena diduga terlibat kasus suap narkoba yang juga menyeret istrinya, jaksa SH dan kini diusut Korps Adhyaksa Kejati Riau.

"Saat ini, Bripka BA tengah menjalani pemeriksaan di Propam Polres Bengkalis," ujar Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 9 Mei 2023.

Selengkapnya: Polda Riau Tetapkan Bripka BA Tersangka Dugaan Suap Kasus Narkoba

7. Polsek Payung Sekaki Diduga Tolak Laporan Warga

Polsek Payung Sekaki diduga menolak laporan warga. Oknum  Polsek Payung Sekaki juga diduga membentak orang tua yang hendak membuat laporan.

Setelah menunggu empat jam lebih, warga atas nama Sarwo yang ingin membuat laporan pemukulan, pengancaman pembunuhan serta penahanan gerobak dagangannya, diabaikan oleh Polsek Payung Sekaki.

Selengkapnya: Polsek Payung Sekaki Diduga Tolak Laporan Warga, Kapolsek: Tak Benar!

8. IPW Kritik Polda Riau Usai Gerebek Wakil Bupati Rohil

Indonesia Police Watch (IPW) mengkritik Polda Riau saat melakukan penggerebekan Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil), Sulaiman, di hotel berbintang di Pekanbaru

Menurut IPW, penggerebekan yang dilakukan Direktorat Kriminal Umum Polda Riau melanggar privasi personal dan melanggar HAM.

"Penggerebekan yang dilakukan Polda Riau dan dipublikasikan tanpa ada laporan pidana akan dinilai sebagai pencideraan politis apabila menyangkut tokoh publik," kritik Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso, Sabtu, 27 Mei 2023 malam.

Selengkapnya: IPW Kritik Keras Penggerebekan Wakil Bupati Rohil di Hotel

9. Komandan Batalyon Brimob Polda Riau Minta Uang Rp 650 Juta ke Bawahan

Nama Kompol Petrus Hottiner Simamora mendadak viral di media sosial usai dibongkar bawaannya, Bripka Andry Darma Irawan membongkar aibnya.

Kompol Petrus meminta uang Rp 650 juta kepada Bripka Andry secara terus menerus dan saat ini Kompol Petrus sudah ditahan Polda Riau, Jumat, 9 Juni 2023.

Selengkapnya: Viral Anggota Brimob Polda Riau Setor Rp 650 Juta ke Komandan, Lalu Dimutasi

10. Kompol Petrus dan 7 Orang Lainnya Ditahan

Mantan Komandan Batalyon B Pelopor Manggala di Rokan Hilir, Kompol Petrus Hotiner Simamora beserta 7 orang anggota lainnya ditempatkand di tempat khusus (patsus) terkait dugaan permintaan setoran Rp 650 juta yang diungkap Bripka Andry Darma Irawan.

"Kompol Petrus dipatsus beserta 7 orang anggota lainnya, telah dilakukan proses kode etik, terkait pelanggaran yang dilakukannya secara bersama-sama," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Jumat, 9 Juni 2023

Lanjut Nandang, penempatan khusus (Patsus) akan berlangsung selama 30 hari ke depan. Sedangkan Bripka Andry masih dicari Polda Riau.

Selengkapnya: Minta Setoran Rp 650 Juta Ke Bripka Andry, Kompol Petrus Ditahan Polda Riau