Minta Dukungan BRIN Bentuk BRIDA, Syamsuar Ingin Riau Jadi Pusat Riset Halal

Syamsuar753.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Guna mendorong pembangunan berkelanjutan, Gubernur Riau Syamsuar menemui Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Syamsuar mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya ke ibukota kepada Laksana. Syamsuar mengatakan ia ingin mendorong percepatan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) di Provinsi Riau. 

"Ini saya sampaikan kepada pak kepala BRIN kemarin, Senin, 22 April 2023, untuk menjadikan Riau sebagai pusat riset halal nasional dan kegiatan yang dapat dilakukan bersama di bidang riset dan inovasi," sebutnya.

Melalui BRIDA, orang nomor satu di Riau itu ingin menjadikan Riau sebagai pusat riset halal nasional dan kegiatan yang dapat dilakukan bersama di bidang riset dan inovasi. 


Menurutnya BRIDA dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi Riau, memecahkan masalah yang kerap menjadi kendala dalam pemasaran produk-produk di Riau, mulai dari produksi hingga pemasaran.

Syamsuar pun meminta dukungan Laksana dalam pembentukan BRIDA di Riau. Nantinya, kata Syamsuar BRIDA akan fokus pada produk dengan bahan baku dari Riau, seperti kelapa sawit, sagu, ikan patin, madu, kelapa, karet, dan lainnya.

"Kita mendapat dukungan dari Kepala BRIN dan beliau minta kita fokus pada produk seperti kelapa sawit, sagu, ikan patin, madu, dan lain-lain serta beliau meminta agar dapat memanfaatkan Science Techno Park yang kita miliki hingga terbentuknya BRIDA," tutup Syamsuar.