Satu Warga Pekanbaru Omicrone, Dinkes Telusuri Sepuluh Kontak Erat di Keluarga

omicron4.jpg
(Shuttetstock)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satu warga Kota Pekanbaru diduga terkonfirmasi Covid-19 Omicron. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru pun melakukan penelusuran kontak erat pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengatakan, selain sampel dari pasien, Diskes juga mengambil sampel kontak erat dari keluarga pasien.

"Kita fokus pada penelusuran kontak erat keluarga pasien Covid-19 tersebut. Ada 10 orang anggota keluarga pasien yang menjalani swab PCR hari ini," terang Zaini, Minggu 30 Januari 2022.

Menurutnya, penelusuran belum menyasar ke rekan kerja pasien positif. Tim bakal mengembangkan penelusuran setelah memperoleh hasil swab PCR keluarga pasien.



"Untuk sementara, kita lakukan swab PCR bagi keluarga pasien saja. Proses pengambilan sampel berlangsung di rumah," paparnya.

Saat ini, kata Zaini, pasien menjalani isolasi mandiri di rumah. Ia menyebut bahwa rumah yang menjadi tempat isolasi bagi pasien tersebut kosong dan jauh dari kontak erat. Pasien juga tanpa gejala sehingga bisa melakukan isolasi mandiri.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa Covid-19 varian Omicron ini sama dengan Covid-19 biasa. Varian ini dinilai tidak lebih membahayakan dari varian biasa dan Delta.

"Gejalanya lebih ringan, tapi penyebarannya lebih gampang. Nah penyebaran ini yang kita antisipasi," pungkasnya.