RIAU ONLINE - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di sebagian besar wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB) pada umumnya dalam kondisi tetap dapat digunakan, baik untuk layanan telepon, SMS, maupun data/internet. Khusus untuk wilayah Lombok Utara yang menjadi titik pusat gempa 7 SR, Minggu malam (5/8), layanan mengalami kendala karena dampak gempa yang sangat kuat sehingga mengakibatkan aliran listrik padam.
Tim XL Axiata di lapangan sudah langsung melakukan upaya pemulihan (recovery) sesaat setelah layanan terdeteksi terganggu. Tim XL Axiata terus bekerja semaksimal mungkin untuk memulihkan layanan di Lombok Utara. Hingga Senin siang ini, sebagian besar jaringan di Lombok Utara telah mulai pulih. Dengan demikian, kini akses komunikasi melalui XL Axiata berangsur kembali ke normal.
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, keluarga besar XL Axiata dan sekaligus bagian dari masyarakat NTB, turut berduka sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban jiwa sebagai dampak dari gempa di Lombok kemarin.
"Tim kami, termasuk di lapangan, saat ini sedang bekerja keras untuk memulihkan sebagian dari layanan kami yang tergangggu pasca gempa, terutama di Lombok Utara. Berbagai upaya akan kami lakukan agar jaringan bisa segera pulih dan bisa membantu akses komunikasi warga, terutama guna membantu proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait,” ungkapnya, Senin, 6 Agustus 2018.
Yessie menginformasikan, meski gempa juga terasa sangat kuat di sebagian besar Pulau Lombok, bahkan hingga Bali dan Sumbawa, namun gangguan jaringan yang terjadi terutama berada di wilayah Lombok Utara. Untuk wilayah Lombok yang lain, layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi dengan baik. Karena itu pula, kabar tentang gempa yang terjadi pada Minggu malam kemarin bisa segera tersiar ke luar Lombok. Bahkan kiriman dalam format data yang besar seperti foto dan video mengenai kerusakan dan kondisi pasca gempa juga masih dikirimkan oleh para pelanggan XL Axiata dari daerah yang terlanda bencana.
Menurut Yessie, beberapa BTS sempat padam sesaat setelah gempa, namun hal ini lebih karena terputusnya aliran listrik. BTS-BTS tersebut segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan. Antisipasi pengerahan genset secara ekstra memang sudah dilakukan sejak terjadinya gempa di wilayah yang sama pekan lalu. Tim XL Axiata di lapangan juga masih bersiaga sejak saat itu untuk mengantisipasi gempa susulan. Selain genset, tim teknis juga menyiapkan opsi lainnya berupa redirect coverage dan juga kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan.
Hingga Senin siang (6/8), jaringan XL Axiata di Lombok Utara terus berangsur normal kembali, termasuk jaringan di area Tanjung, yang menjadi pusat pemerintahan Kab. Lombok Utara. Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data. Seiring dengan sudah mulai menyala lagi aliran listrik, maka semakin banyak BTS yang juga bisa beroperasi lagi. Menurut Yessie, sebelumnya tim XL Axiata di lapangan mengalami kendala untuk menghidupkan lagi BTS yang padam karena genset sudah mulai kehabisan solar, padahal akses jalan untuk mengirim solar ke BTS-BTS tersebut juga sulit ditembus karena dampak gempa.
Di wilayah Lombok Utara, XL Axiata memiliki lebih dari 120 BTS, sebanyak lebih dari 82 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi NTB, XL Axiata total memiliki lebih dari 2900 BTS, dengan 790 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 Juta pelanggan.
Bantuan sarana telekomunikasi
Selain berusaha keras menangani jaringan, tim XL Axiata di lapangan juga telah siap menyalurkan lagi bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana. Senin ini juga tim XL Axiata segera akan menghantarkan bantuan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Sementara ini, bantuan akan fokus disalurkan ke wilayah Lombok Utara yang mengalami dampak terberat, di mana ribuan warga mengungsi. Bantuan ini antara lain juga berasal dari Axiata Group, yang merupakan perusahaan induk XL Axiata.
Bantuan akan berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut, dan tenda. Selain itu juga ada bantuan berupa perlengkapan penunjang kesehatan bagi warga korban selama di pengungsian, seperti peralatan mandi. Untuk menyalurkan bantuan tersebut, XL Axiata akan berkoordinasi dengan aparat terkait, termasuk juga dengan tim relawan. Bantuan lainnya berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat-perangkat ini akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan sehingga selain bisa dimanfaatkan oleh warga, juga bisa pula dipergunakan oleh aparat penanganan bencana.
Selanjutnya, bagi pelanggan yang hendak memberikan donasi bagi korban gempa Lombok, XL Axiata juga telah menyiapkan program “SMS Donasi”. Pelanggan bisa memanfaatkan sarana ini untuk membantu para korban dengan pulsa XL atau AXIS miliknya sebesar Rp 1000-Rp. 200.000. Caranya adalah kirim SMS ke 6116: Donasi<spasi>PEDULILOMBOK<spasi>nominal (1000 - 200.000). Atau via umb: *123*6116# pilih PEDULILOMBOK dan ikuti petunjuknya.
Hasil donasi pelanggan ini selanjutnya akan XL Axiata salurkan dalam bentuk program bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan korban. Penyaluran akan dilakukan melalui lembaga sosial yang kredibel dan terpercaya, yang selama ini telah bekerjasama dengan XL Axiata. program SMS Donasi Lombok ini akan mulai bisa dibuka mulai 6 Agutustus hingga 31 Oktober 2018. Informasi seputar program dan penyaluran bantuan bisa dilihat di www.xl.co.id/XLaluberbagi.