Penulis: Wilna Sari
RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil membukukan rekor penjualan Honda BeAT sebagai motor skutik terlaris Honda di dunia dengan akumulasi penjualan sebanyak 10.116.299 unit di awal tahun ini. Pencapaian ini semakin mengukuhkan Honda BeAT sebagai primadona kepercayaan konsumen sekaligus sebagai raja motor skutik di Indonesia.
Honda Customer Care Departement Head Donni D. Marpaung dalam siaran persnya mengatakan Honda BeAT telah menjadi pilihan utama pecinta motor skutik sejak diluncurkan pada 2008 atau selama hampir tujuh tahun kehadirannya di Indonesia.
"Sejak awal diluncurkan, penjualannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tujuh bulan pertama di tahun pertama kehadirannya, Honda BeAT tercatat terjual sebanyak 208.490 unit dan membukukan penjualan tertinggi sebesar 2.117.948 unit pada 2014. Hingga Februari 2016, penjualannya telah menembus angka 10 juta unit," katanya pada keterangan pers, 11 Maret 2016.
General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan terpilihnya Honda BeAT series oleh lebih dari 10 juta pecinta motor skutik merupakan bentuk kepercayaan besar terhadap model yang selalu didesain sesuai kebutuhan dan perkembangan tren anak muda. (KLIK: Bank Mandiri Akan Buka 10 Cabang Baru)
“Kami berterima kasih atas kepercayaan lebih dari 10 juta konsumen Honda BeAT series sehingga mengantarkan produk ini sebagai motor skutik Honda terlaris di dunia. Ini memotivasi kami untuk selalu berupaya memenuhi keinginan generasi muda dengan tetap menghadirkan karakter kuat Honda BeAT yang berdesain stylish, compact, berperforma tinggi, serta irit bahan bakar dan ramah lingkungan,” katanya.
Generasi pertama BeAT berhasil memikat pecinta skutik dengan baik sebelum akhirnya digantikan oleh generasi kedua Honda BeAT yang dirilis pada tahun 2012. Generasi ketiga dengan mesin generasi terbaru eSP menyempurnakan kehadiran BeAT di kalangan anak muda yang dirilis pada akhir tahun 2014. "Khusus untuk Indonesia, Honda BeAT dikembangkan dengan desain yang menyesuaikan dengan postur rata-rata orang Indonesia dengan fitur terlengkap di kelasnya," katanya.
Dengan populasinya yang besar, AHM pun tertantang untuk terus berupaya memberikan pilihan terbaru bagi konsumen Indonesia. Salah satunya diwujudkan dengan menyematkan teknologi terbaru. (LIHAT: Ini Tips dari Dirut Bank Riaukepri Guna Memenangkan Persaingan di MEA)
Beragam desain, fitur dan teknologi teranyar dirakit pada Honda BeAT series. Seluruh varian Honda BeAT series mengusung mesin 110cc enhanced Smart Power (eSP) yang terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara. "Teknologi ini menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi," katanya.
Selain itu, All New Honda BeAT eSP series tetap dilengkapi fitur-fitur canggih lain yaitu standar samping otomatis (Side Stand Switch) dimana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun, serta Brake Lock yang lebih mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan. Fitur unggulan lain juga dipertahankankan seperti pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) yang efektif mencegah pencurian.
"Dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen, AHM juga menambah varian baru dari semula yang hanya ada satu varian, yaitu All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP yang diperkenalkan pertama kali pada bulan Desember 2014," katanya.
Berdasarkan data perusahaan tahun ini, Honda BeAT series tercatat mampu terjual sebesar 318.548 unit pada Januari-Februari 2016. Pencapaian penjualan ini didukung penerimaan tinggi terhadap model terbaru New Honda BeAT POP eSP yang diluncurkan dengan desain stripe terbaru pada Januari lalu.