Warga Diimbau Tetap Waspada, Cacar Monyet Belum Menginfeksi di Riau

Ilustrasi-cacar-monyet5.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau mendata belum ada penyebaran virus Mpox atau cacar monyet di kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Namun demikian, warga diimbau tetap waspada.

Infeksi cacar monyet atau Mpox ini adalah penyakit menular pada hewan dan manusia, yang gejalanya berupa demam, sakit kepala, nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening serta rasa kelelahan.

Wabah ini diumumkan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Pencegahan utama adalah menjaga kebersihan diri. Kita mengimbau masyarakat selalu menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari kuman penyakit," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto, Sabtu, 31 Agustus 2024.



Ia menyarankan agar masyarakat rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menggunakan masker di tempat umum sebagai langkah efektif dalam pencegahan. 

WHO dan CDC juga merekomendasikan prioritas vaksinasi untuk petugas laboratorium, tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan, dan kelompok berisiko tinggi.

Jika ada individu yang menunjukkan gejala terpapar Mpox, upaya pencegahan harus segera dilakukan, termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan isolasi untuk individu yang terinfeksi.

Ia menjelaskan bahwa Mpox menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi.