Waspada Cuaca Panas, Jemaah Haji Diimbau Minum Air Putih Setiap Jam

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE - Kementerian Agama mengimbau agar jemaah haji memperbanyak minum air putih, untuk menghindari dehidrasi saat menjalankan ibadah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin, menanggapi kondisi cuaca Arab Saudi yang kering dan panas mencapai 50 derajat Celcius.

"Minum air mineral 200 ml (sekitar ukuran satu gelas air mineral) per jam secara teratur untuk menghindari dehidrasi," ucap Fauzin, dikutip dari kumparan, 14 Mei 2024.

Pada kesempatan yang sama, Fauzin juga mengingatkan agar jemaah menggunakan pelembab kulit dan bibir untuk menghindari iritasi.


Untuk menghindari kulit yang melepuh akibat cuaca panas, Fauzin juga mengimbau Jemaah mengenakan kaus kaki dan alas kaki.

"Jika kehilangan alas kaki, jangan memaksakan diri pulang ke hotel tanpa sandal di siang hari. Sebab, jalanan yang dilalui sangat panas. Hubungi petugas yang ada di sekitar Masjid Nabawi," imbuhnya.

Selain itu, Fauzin juga mengingatkan agar Jemaah untuk lebih waspada agar tidak tersesat. 

"Kenakan identitas pengenal, terutama gelang jemaah. Jangan tukar menukar gelang dengan jemaah lainnya. Pergi dan pulang secara berkelompok," ujarnya.