Menlu Yordania dan Pimpinan UNRWA Bahas Pengungsi Gaza

Warga-palestina.jpg
(Foto: Ibraheem Abu Mustafa/REUTERS via kumparan)

RIAU ONLINE - Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi bertemu dengan Komisioner Jenderal Badan Bantuan dan Pekerja PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini.

Pada pertemuan di Amman, Selasa, 9 Juli 2024 ini, keduanya membahas kondisi pengungsi Gaza.

“Hampir setiap warga Gaza telah mengungsi lebih dari sekali, dua kali, tiga kali, empat kali, bahkan lima kali yang menunjukkan betapa pada dasarnya sama sekali tidak ada ruang aman di Jalur Gaza,” kata Lazzarini,dikutip dari VoA Indonesia, Rabu, 10 Juli 2024.

Saat ini, kata Lazzarini, ada sekitar satu juta warga berusia di bawah 18 tahun di Gaza, diantara mereka lebih dari 600 ribu ada di batas usia sekolah dasar dan sekolah menengah. 



“Mereka semua hidup di tengah puing-puing, mereka sangat-sangat trauma,” terangnya.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi menyampaikan, komunitas internasional harus bersikap tegas, ketat, nyata, jelas dan segera untuk mewajibkan Israel memenuhi tanggung jawabnya sebagai pihak yang menduduki wilayah. 

"Selain itu juga harus memaksa mereka untuk membawa masuk bantuan, membuka semua pintu perbatasan, dan menyediakan perlindungan bagi organisasi internasional, maka semua pihak akan menghadapi bencana kemanusiaan yang lebih besar yang tidak pernah disaksikan oleh sejarah modern," ujarnya.