Cuaca Buruk, Pesawat Wakil Presiden Malawi Hilang Kontak

Wakil-Presiden-Malawi-Saulos-Chilima.jpg
(Dok. AFP)

RIAU ONLINE - Pesawat yang ditumpangi oleh Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima hilang dari radar bandara, pada Senin 10 Juni 2024. Saulos Chilima bersama 9 orang lainnya diketahui sedang dalam rute penerbangan dalam negeri.

Komandan Angkatan Pertahanan Malawi Paul Valentino Phiri mengatakan, pesawat tersebut diduga jatuh di hutan di bagian utara negara itu.

Dilansir dari Liputan6.com, Selasa 11 Juni 2024, Paul menyebutkan bahwa kabut telah mengurangi jarak pandang di hutan, sehingga mempersulit upaya pencarian.

Sementara itu, Presiden Malawi Lazarus Chakwera menegaskan misi tersebut harus dilanjutkan sampai pesawat ditemukan.


"Saya tahu bahwa kita semua ketakutan dan prihatin - saya juga prihatin. Tetapi, saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya tidak menyia-nyiakan sumber daya yang tersedia untuk menemukan pesawat itu dan saya memegang teguh harapan bahwa kita akan menemukan korban yang selamat," ujarnya.

Wakil Presiden Chilima diketahui sedang dalam perjalanan untuk mewakili pemerintah pada pemakaman mantan menteri Ralph Kasambara, yang meninggal empat hari lalu.

Mantan Ibu Negara Shanil Dzimbiri juga berada dalam penerbangan yang sama dengan Chilima. Mereka lepas landas dari ibu kota, Lilongwe, pada Senin pagi.

Pesawat dimaksudkan untuk mendarat di bandara di utara Kota Mzuzu, namun dibatalkan karena jarak pandang yang buruk.