HUT ke-240 Pekanbaru: Dari Senapelan, Kota Bertuah Ukir Prestasi di Usia Matang

Pj-Wako-Risnandar-HUT-PKU.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Genap sudah Kota Pekanbaru berusia 240 tahun. Bermula dari Senapelan, kini Kota Pekanbaru telah mengukir prestasi di usianya yang matang.

Kota Pekanbaru berawal dari pasar dikenal dengan sebutan Pakan Baharu, berkembang menjadi pusat pemerintahan di lokasi yang aman sekaligus strategis secara ekonomi dan pertahanan.

Ada banyak prestasi diperoleh Pemerintah Kota Pekanbaru di usianya yang semakin matang. Prestasi tersebut di antaranya penghargaan atas komitmen dan dukungan dalam penyelenggaraan kearsipan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia.

Ada juga penghargaan Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. Lalu penghargaan TPID Award sebagai Kota Berkinerja Terbaik Dalam Pengendalian Inflasi di Wilayah Sumatera.

Pekanbaru juga meraih penghargaan Innovative Government Award (Pemerintahan Sangat Inovatif) dari Kementerian Dalam Negeri, Penghargaan Investment Award kategori pelaksanaan kemitraan dibidang penanaman modal antar usaha besar dengan UMKM. 

Pj Wako HUT PEkanbaruPj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-240 Kota Pekanbaru, Minggu, 23 Juni 2024. (Istimewa)

Kemudian, penghargaan Riau Investment Awards 2023, meraih anugerah peringkat 1 kategori kelembagaan MPP dan klinik LKPM serta peringkat 1 kategori kepatuhan LKPM Kabupaten/Kota Se Provinsi Riau. Lalu penghargaan penyelenggaraan angkutan umum perkotaan peringkat ketiga terbaik se Indonesia, dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Penghargaan peringkat 1 kategori A bagi DPMPTSP dengan pelayanan prima dari KEMENPAN RB. Lalu Penghargaan Nilai Kepatuhan Standar Pelayanan dengan kategori "A" dari OMBUDSMAN.

Kota Pekanbaru juga mendapat penghargaan WTP 8 kali berturut-turut untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Peringkat pertama tingkat kota realisasi belanja daerah tertinggi APBD tahun 2022 dari Kementerian Dalam Negeri serta prestasi membanggakan lainnya.

Pj Wako HUT PEkanbaru3Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, saat memberikan sambutan peringatan Hari Jadi ke-240 Kota Pekanbaru, Minggu, 23 Juni 2024. (Istimewa)


Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, dalam sambutannya saat Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-240 Kota Pekanbaru, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Pekanbaru, Minggu, 23 Juni 2024, menyebut capaian dan keberhasilan tersebut sebagai wujud dan hasil dari sinergitas, kolaborasi, kerja keras dan kerja ikhlas berbagai pihak. Ia menilai tidak mungkin semua dapat tercapai tanpa dukungan dan kepercayaan masyarakat.

Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama di bidang perekonomian dan infrastruktur. Kemajuan yang dicapai saat ini dapat dilihat sebagai wujud kualitas visi maupun perencanaan yang telah ditetapkan. Saat ini, Pemerintah Kota Pekanbaru telah menyusun perencanaan jangka panjang untuk 20 tahun kedepan (RPJPD 2025-2045) yang memuat visi kota yaitu "Pekanbaru Bertuah, yang Berbudaya, Maju dan Berkelanjutan."

Pj Wako HUT PEkanbaru2Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, saat peringatan Hari Jadi ke-240 Kota Pekanbaru, Minggu, 23 Juni 2024. (Istimewa)

Kota Pekanbaru, dengan segala dinamikanya, telah menjalani perjalanan yang penuh tantangan dan kejayaan. Dari sebuah pemukiman kecil di tepian Sungai Siak, sekarang Pekanbaru tumbuh menjadi pusat ekonomi, budaya, dan pendidikan di tengah tengah Pulau Sumatera atau The Capital City Of Sumatera.

Pertumbuhan ini menandakan Pekanbaru sebagai magnet yang diharapkan akan menarik minat banyak orang untuk datang berkunjung ke Kota Pekanbaru. Saya sebagai Penjabat Wali Kota Pekanbaru, telah dipercaya dan diberikan amanah untuk bersama-sama dengan seluruh komponen yang ada untuk membangun Kota Pekanbaru yang lebih baik kedepannya, dengan dilandaskan keikhlasan, ketulusan dan gotong-royong.

Maka dalam rangka Hari Jadi ke-240 Pekanbaru ini mengangkat tema "Keberagaman Membangun Negeri" yang mempunyai makna: "Semangat nasionalisme masyarakat Kota Pekanbaru yang beragam suku, adat, etnis, budaya, agama, dan kepercayaan dalam menjalani kehidupan masyarakat yang solid dan bergotong royong sehingga menciptakan keamanan dan kenyamanan untuk mewujudkan pembangunan yang berdaya saing tinggi di dunia modern."

HUT Pekanbaru3Hari Jadi ke-240 Kota Pekanbaru, Minggu, 23 Juni 2024. (Istimewa)

Sebagai Penjabat Wali Kota Pekanbaru, bersama seluruh komponen masyarakat, dengan semangat gotong royong secara perlahan kota pekanbaru telah berbenah dan tumbuh. Pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini telah menghasilkan beberapa kemajuan yang ditandai oleh capaian indikator makro pembangunan baik secara ekonomi, kesehatan, pendidikan maupun sosial. Disamping itu Pemerintah Kota Pekanbaru telah memperoleh 19 penghargaan baik di tingkat lokal maupun nasional sepanjang tahun 2023 sampai dengan bulan mei tahun 2024 .

Risnandar mewakili seluruh jajaran pemerintah Kota Pekanbaru mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh elemen masyarakat Kota Pekanbaru. Ia juga mengucapkan terima kasih atas penghargaan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Terutama atas perhatian, kepedulian dan bantuannya dalam memajukan kota dan masyarakat Pekanbaru melalui berbagai program, termasuk penyediaan infrastruktur seperti jalan tol, dan instalasi pengolahan air limbah domestik terpusat yang baru-baru ini beliau resmikan.

Mendagri di hut pekanbaruMendagri, Tito Karnavian, hadir secara virtual dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-240 Kota Pekanbaru, Minggu, 23 Juni 2024. (Istimewa)

Risnandar juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Provinsi Riau, yang senantiasa selalu hadir mendukung dan mendorong kemajuan Kota Pekanbaru dalam berbagai bidang, termasuk membantu berbagai permasalahan yang memerlukan penanganan segera di Kota Pekanbaru. Hal ini tentu tak lepas dari peran pekanbaru, sebagai Ibukota yang mencerminkan wajah Provinsi Riau.

“Sekali lagi terima kasih Pak Gubernur, semoga bapak senantiasa sehat dan sukses selalu,” katanya. 

Dirinya mengatakan bahwa dalam rangka hari jadi ke-240 Kota Pekanbaru, pemerintah kota mengangkat tema "Keberagaman Membangun Negeri". Pemilihan tema bertujuan agar menegaskan identitas Kota Pekanbaru sebagai kota multi etnik, dengan bingkai Budaya Melayu.

Dirinya menegaskan bahwa keberagaman adalah kekuatan pembangunan, seperti yang ditunjukkan Raja Muda Muhammad Ali, ketika memindahkan pasar ke lokasi yang baru. Beliau melakukan musyawarah terlebih dahulu dengan Datuk-Datuk dari Empat Suku, yaitu Datuk Pesisir, Lima Puluh, Tanah Datar Dan Kampar. Lalu memperkuat persatuan dan keharmonisan sebagai wujud nyata dari Bhineka Tunggal Ika, dan sila tiga Pancasila yakni Persatuan Indonesia.

Pekanbaru menjadi inspirasi bagi pembangunan nasional, sebagai kota yang berkomitmen berkemajuan dan pusat peradaban. Pekanbaru harus bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Tema hari jadi Kota Pekanbaru tersebut menunjukkan bahwa keberagaman adalah anugerah yang harus dirawat dan dimanfaatkan sebagai kekuatan untuk membangun negeri yang maju, harmonis, dan berdaya saing.