PSSI Layangkan Protes Atas Kinerja Wasit Al Kaf ke AFC

Arya-Sinulingga.jpg
(ANTARA/Aloysius Lewokeda)

RIAU ONLINE - Kegagalan Timnas Indonesia saat melawan Bahrain pada babak ketiga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2024 membuat performa  wasit Ahmed Al Kaf di laga ini dinilai sangat buruk.

Pasalnya, Al Kaf tak kunjung meniup peluit untuk menghentikan pertandingan meski menit tambahan waktu babak kedua telah berakhir. 

Akibatnya, pemain Bahrain Mohammed Marhoon mencetak gol di menit ke-90+6 yang membuat skor menjadi kedua tim imbang 2-2, sehingga Indonesia gagal menang dalam laga tersebut.

Atas hal ini, Persatuan Sepak Bola seluruh Indonesia (PSSI) melayangkan protes atas kinerja wasit yang memimpin pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis, 10 Oktober 2024 tersebut.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit Ahmed Al-Kaf asal Oman.


''Kita sudah bikin protes ke AFC, nanti kita lihat setelah 24 jam ada reaksi apa dan sebagainya, baru ke FIFA,” kata Arya Sinulingga, dikutip dari KUMPARAN, Jumat, 11 Oktober 2024.

“Prosesnya seperti itu. Tapi, ini bukan pertama kali juga kita protes,'' imbuhnya.

Sebelumnya,  Indonesia bermain imbang 2-2 saat melawan Bahrain pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Gol pertama dalam pertandingan ini dicetak oleh Mohamed Marhoon pada menit ke-15 lewat tendangan bebas. 

Indonesia menyamakan kedudukan pada menit ke-45+3 melalui Ragnar Oratmangoen. Gol kedua Indonesia diciptakan oleh lewat tendangan Rafael Struick pada menit ke-73.

Namun, wasit Ahmed Abu Bakar Said yang memimpin laga tak kunjung meniup peluitnya hingga kemudian Dilmun's Warriors mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-90+9 melalui gol kedua Marhoon.