Juara ANC 2024, Tim Futsal SKO Riau Lanjut Babak Regional Final di Palembang

Juara-ANC-2024-Tim-Futsal-SKO-Riau-Lanjut-Babak-Regional-Final-di-Palembang.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Futsal Sekolah Khusus Olahraga (SKO) atau SMA Negeri Olahraga menjadi juara pertama AXIS Nation Cup (ANC) 2024.

Mereka mampu mengalahkan tim kuat lainnya dari SMA Negeri 2 Pekanbaru. Kemenangan ini turut mengantarkan SKO Riau melaju ke Babak Regional Final ANC 2024 di Kota Palembang tanggal 19 Oktober nanti.

Di Palembang nanti, mereka juga sudah ditunggu tim-tim kuat lainnya dari sesama pulau Sumatera seperti, Sumatera Barat, Lampung dan Sumatera Utara. 

Pelatih SKO Riau, Farid mengaku tim Futsal dari Sumut adalah lawan paling berat yang akan dihadapi karena materi pemain hebat banyak disana.

Tim SKO Riau Baru Dibentuk 2 Bulan 

Farid mengatakan, tim SKO Riau baru dibentuk pada bulan ke 7 atau bulan Juli 2024. Dirinya membutuhkan waktu 1,5 bulan untuk berlaga di turnamen besar pada ajang ANC 2024 dan keluar sebagai juara pertama.

Diisi pemain berbakat dan masih minim jam terbang, Farid mengaku kagum dengan mental anak asuhnya. Ia menekankan kepada para pemain untuk mencapai level yang lebih tinggi, dirinya menyarankan untuk mengalahkan diri sendiri terlebih dahulu dan tampil percaya diri.

Sebelum tanding di ajang ANC 2024, Farid mengaku sering mengajak anak asuhnya pergi ke luar daerah untuk mengajak tim lain bertanding dan memberikan jam terbang kepada para pemain.



Tidak hanya itu, SKO Riau bahkan mengundang pelajar atau sekolah dari luar untuk bertanding di SKO Riau sambil melihat perkembangan permainan anak-anak dari Tim SKO Riau.

"Beruntung, dengan membawa anak-anak bertanding di luar dan disini, mental terasah dan kita mampu mengalahkan SMAN 2 Pekanbaru di final," kata Farid.

Farid juga menjelaskan kalau timnya diisi dengan pemain dari kelas X,XI dan XII. Menurutnya, setiap pemain yang memiliki potensi atau bakat individu, ditarik ke tim dan masuk Tim utama.

"Kita latihan dalam satu hari itu 5 jam, dalam seminggu kita hanya libur satu hari, sehingga benar-benar matang dalam latihan," tambah Farid.

Lanjut Farid, ini adalah pertandingan kedua yang diikutinya setelah di Sumatera Barat. Namun Farid mengakui kalau event AXIS adalah Event Futsal terbesar pertama setelah POCARI.

Harapan Ada Sponsor Bantu Pelajar Berbakat di SKO Riau 

Menjadi juara pertama pada AXIS Nation Cup (ANC) 2024 dengan mengalahkan beberapa sekolah lain tentu menjadi daya tarik bagi SKO untuk mendapatkan Sponsor baru mendukung bakat para pelajar berbakat mereka.

Farid sebagai pelatih tim futsal SKO Riau, berharap ada sponsor yang mau mendukung anak asuhnya untuk berlaga pada Babak Regional Final ANC 2024 di Kota Palembang tanggal 19 Oktober nanti.

"Saat ini kita masih sanggup, namun jika sudah tidak sanggup baru kita cari sponsor untuk mendukung SKO Riau, ujar Farid.

Usai mengadakan wawancara Eksklusif, RIAUONLINE juga berkesempatan melihat secara langsung training tim futsal SKO Riau.

Dibawah tangan dingin Farid, SKO Riau tampak memainkan bola cepat dan memiliki dribble yang sangat bagus dan dapat mengolah si kulit bundar dengan cepat dan akurat.

Berikut Profil Pemain Tim Futsal SKO Riau;

  1. M Riza Rizkiawan (Kiper) kelas XI
  2. Reda Fadhillah (Kiper) kelas XI
  3. M Ilham Banjari (Flank) kelas X
  4. Marshadi Dwi Ramadino (Pivot) kelas XII
  5. Farel Putra (Kapten) kelas XII
  6. Muftioso Attalagi (Anchor) kelas XII
  7. Andika Rahmat Fauzi (Anchor) kelas XI
  8. Ikhwanul Hamdi (Flank) kelas XI
  9. M Zahran Fairuz (Flank) kelas XI
  10. Rizky Nasdi (Pivot) kelas XII