Ini 9 Kampung Pemain Keturunan Timnas Indonesia di RI

Pemain-keturunan-Timnas-Indonesia.jpg
(Dok. PSSI via Suara.com)

RIAU ONLINE - Sejumlah pemain keturunan turut memperkuat Timnas Indonesia dalam setiap pertandingan. Tercatat, ada 13 pemain keturunan.

Para pemain keturunan kebanyakan berada di luar negeri, terutama Belanda. Sebagian besar sudah dipanggil untuk kembali ke Tanah Air dan melakukan proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Mereka berasal dari 9 daerah berbeda di Indonesia, di antaranya merupakan keturunan Kota Semarang, Jawa Tengah dan memiliki sejarah panjang penjajahan Belanda di Indonesia.

1. Semarang

Ibu kota Jawa Tengah yang kenal dengan Lumpia ini menyumbang tiga pemain keturunan di Timnas Indonesia.

Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Rafael Struick, adalah pemain keturunan yang berasal dari Semarang.

2. Surabaya

Sandy Walsh merupakan pemain keturunan Timnas Indonesia yang memiliki garis keturunan dari Surabaya.

Sandy Walsh pernah ‘nyekar’ ke makam leluhurnya di Surabaya. Ia bahkan tak bisa menyembunyikan rasa bangganya saat Timnas Indonesia bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

3. Jakarta

Dari Jakarta, ada Elkan Baggott yang tercatat sebagai pemain keturunan membela skuad Garuda.

Tak seperti pemain keturunan lainnya, Elkan Baggott bukan pemain naturalisasi. Ia memilih menjadi warga negara Indonesia (WNI) sebelum berusia 20 tahun.



4. Solo

Satu lagi pemain keturunan dari Jawa Tengah. Thom Haye merupakan pemain keturunan Solo yang kini memperkuat Timnas Indonesia.

Sejak debutnya pada Maret lalu, Thom Haye telah mencetak 1 gol dan 1 assist dari 5 laga. Saat ini, Thom Hayne menjadi salah satu pilar Timnas Indonesia.

5. Jember

Tak hanya Surabaya, kota lainnya di Jawa Timur yang menyumbang pemain keturunan untuk Timnas Indonesia adalah Jember.

Dari Jember sendiri ada nama Ivar Jenner yang jadi andalan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia, baik di level senior maupun kelompok umur, dilansir dari Suara.com, Minggu, 22 September 2024.

6. Kediri

Jawa Timur terbilang banyak melahirkan pemain keturunan untuk Timnas Indonesia. Teranyar ada nama Maarten Paes yang berasal dari Kota Kediri.

Meski tak berdarah Indonesia, nenek Maarten Paes ternyata lahir dan tumbuh di Kediri saat Indonesia masih dalam masa kolonial.

7. Meulaboh

Meulaboh dari Provinsi Aceh pun juga mengirim pemain keturunan ke Timnas Indonesia, yakni Calvin Verdonk.

Calvin Verdonk terhitung penggawa anyar Timnas Indonesia. Meski berstatus pemain anyar, ia menjadi salah satu pemain yang jadi andalan Shin Tae-yong.

8. Makassar

Makassar juga menghadirkan dua pemain keturunan untuk Timnas Indonesia, yakni Justin Hubner dan Jordi Amat. Keduanya menjadi andalan di lini belakang Timnas Indonesia.

Leluhur keduanya pun bukanlah sosok main-main. Kakek Justin Hubner adalah seorang ilmuan, sedangkan nenek Jordi Amat merupakan keturunan Raja Siau, MD Tansil.

9. Maluku

Ada dua pemain Timnas Indonesia yang berasal dari Maluku, yakni Ragnar Oratmangoen dan Shayne Pattynama.

Oratmangoen berasal dari Kepulauan Tanimbar, Maluku. Sedangkan Shayne berasal dari Pulau Haruku, Maluku Tengah, kendati ayahnya lahir dan besar di Semarang.