Penonton Ejek Lagu Kebangsaan Israel saat Pertandingan Sepak Bola di Olimpiade Paris

Penontn-bentangkan-bendara-palestina.jpg
(Foto: FRANCK FIFE / AFP via kumparan)

RIAU ONLINE - Lagu kebangsaan Israel mendapat ejekan saat diperdengarkan dalam pertandingan sepak bola di Olimpiade Paris, Rabu, 23 Juli 2024, malam. Timnas Israel saat itu berhadapan dengan Mali.

Pertandingan dijaga ketat pihak keamanan, terutama di luar stadion. Penjagaan dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran keamanan di Prancis saat Olimpiade berlangsung pada Juli hingga Agustus 2024 mendatang.

Bahkan, Timnas Israel mendapat pengawalan ketat dari polisi bersenjata lengkat saat menuju stadion Parc des Princes.

"Kami berutang atas kondisi keamanan ke seluruh dunia. Keamanan bagi negara kami adalah keamanan yang dikhawatirkan seluruh dunia Barat," ucap Mendagri Prancis Gerlad Darmian seperti diberitakan Associated Press, dikutip dari kumparan, Jumat, 26 Juli 2024.



Kondisi masih kondusif saat Timnas Israel sampai di stadion dan jelang pertandingan. Hal ini berlanjut saat lagu kebangsaan dikumandangkan, baik pendukung dan pemain menyanyikan itu dengan lantang dan penuh penghormatan.

Kondisi sontak berubah saat algu kebangsaan Isral mulai diputar. Penonton riuh bersorak di stadion. Bahkan pengeras suara yang memperdengarkan lagu kebangsaan ditambah volumenya.
Suara lagu kebangsaan Israel akhirnya terdengar lebih kencang dibanding ejekan penonton.

Kondisi semakin memanas ketika pertandingan dimulai. Setiap pemain Israel memegang bola sorakan mengejek langsung terdengar.

Tak hanya di lapanan, kondisi panas juga terjadi antarfans. Polisi harus melerai adu argumen antara kelompok pendukung Mali dan Israel. Pertandingan berakhir seimbang dengan skor 1:1.

Hubungan Mali dan Israel memburuk akibat perang di Gaza. Mali bahkan memutus hubungan diplomatik dengan Israel sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina.

Sikap Mali terhadap Israel berbeda dengan tetangganya. Guinea, Chad, dan Sudan, seluruhnya negara mayoritas Muslim, memilih memperbaiki hubungan diplomatik dengan Israel.