Kalahkan Inggris 2-1, Spanyol Jadi Pemegang Euro Terbanyak Sepanjang Sejarah

Spanyol-Jadi-Pemegang-Euro-Terbanyak-Sepanjang-Sejarah.jpg
(ANTARA/AFP/Tobias Schwarz/aa)

RIAU ONLINE - Spanyol akhirnya kembali berhasil mengantongi gelar juara setelah menang atas Inggris pada final Euro 2024 di Stadion Olympiastadion, Berlin, Senin, 15 Juli 2024 dini hari, dengan skor 2-1.

Babak pertama pertandingan masih imbang antara kedua tim dengan skor 0-0, setelah beberapa serangan dilancarkan kedua tim.

Dikutip dari ANTARA, Spanyol berhasil mencetak gol pertama pada menit 47. Sebuah gol cepat berhasil dicetak lewat tendangan keras Nico Williams setelah menerima umpan dari Lamine Yamal.

Inggris mampu menyamakan kedudukan pada menit 73 lewat tendangan dari luar kotak penalti Cole Palmer yang membobol gawang Spanyol sehingga skor kembali sama kuat 1-1.



Setelah Inggris berhasil menyamakan kedudukan, Spanyol tak tinggal diam. Pada menit 86, umpan silang diberikan oleh Marc Cucurella dan disambut baik oleh Mikel Oyarzabal sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Pada sisa waktu pertandingan, Inggris terus berupaya untuk setidaknya memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol tetap bertahan.

Hasil ini membuat Inggris harus merasakan kegagalan kedua di partai puncak Euro secara beruntun, setelah pada edisi sebelumnya dikalahkan Italia lewat drama tendangan adu penalti.

Sedangkan bagi Spanyol, ini merupakan gelar Euro keempat setelah sebelumnya mereka menang pada edisi 1964, 2008 dan 2012, sekaligus menjadi pemegang Euro terbanyak sepanjang sejarah.