Unggul 3-0 dari Filipina, Indonesia kini Duduki Puncak Grup A

23-Pemain-Timnas-Indonesia-yang-Akan-Berlaga-di-Piala-AFF-U-16-2024.jpg
(Dok. PSSI)

RIAU ONLINE - Timnas Indonesia U-16 berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 3-0 pada laga kedua Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo Senin, 24 Juni 2024.

Dikutip dari Antara, Tiga gol ini dicetak di babak kedua. Satu gol diciptakan oleh Evandra Florasta dan dua gol lainnya disumbangkan Mierza Firjatullah.

Skuad asuhan Nova Arianto ini kini menduduki posisi puncak Grup A dengan raihan enam poin, unggul dari Laos di peringkat dua dengan poin yang sama. Namun, Indonesia unggul selisih gol. 

Indonesia akan menghadapi Laos dalam laga terakhir untuk memperebutkan tiket lolos ke semifinal Piala AFF U-16.

Menurut peraturan, hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-16 2024. Sementara itu, satu slot lain diisi satu runner-up terbaik.

Timnas U-16 mendominasi permainan sejak menit awal. Fadly Alberto sempat memiliki peluang pada menit ke-16, tetapi berhasil digagalkan oleh kiper Enrique Santino Sunico.


Filipina sendiri bisa mendapatkan satu percobaan pada menit ke-28 lewat tendangan Jimm Leowell, tetapi arah bola masih melebar di sisi kanan gawang Indonesia.

Cahya mendapatkan peluang pada menit ke-30, tetapi sundulannya ditepis kiper Francisco, sayangnya gagal memanfaatkannya menjadi gol.

Babak kedua kembali dikuasai oleh Indonesia. Indonesia akhirnya memecahkan gol perdana pada menit ke-65 melalui tembakan kaki kiri Evandra Florasta. Bermula dari tembakan Daniel Alfrido yang diblok lawan, bola rebound langsung disambar Evandra dengan kaki kiri. Indonesia 1-0 Filipina.

Gol itu semakin memacu semangat Indonesia untuk menggandakan keunggulan yang berhasil dilakukan pada menit ke-71. 

Mochamad Mierza Firjatullah mengubah kedudukan menjadi 2-0. Mendapat umpan terobosan Fadly Alberto, Mirza menggiring bola hingga kotak penalti kemudian menendang bola tanpa bisa dihalau kiper Filipina.

Mierza mencetak gol kedua dalam pertandingan ini yang membawa Indonesia unggul 3-0 di injury time atau menit ke-90+2. Mierza memanfaatkan bola rebound di dalam kotak penalti Filipina dengan sepakan kaki kiri.

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan. Indonesia U-16 menang telak 3-0 atas Filipina di Piala AFFU-16 2024. (ANTARA)