Tinggal Klik Smartphone, Aplikasi Perumdam Tirta Siak Siap Layani Semua Kebutuhan

Tinggal-Klik-Smartphone-Aplikasi-Perumdam-Tirta-Siak-Siap-Layani-Semua-Kebutuhan.jpg
(Winda Turnip/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak, Kota Pekanbaru meluncurkan aplikasi terbaru bernama "Perumdam Tirta Siak" pada Senin, 16 September 2024.

Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat melakukan pendaftaran sambungan rumah, mencatat meteran hingga melakukan pembayaran tagihan air. Ada juga fitur pengaduan apabila ada kendala dalam penyaluran air PDAM.

Direktur Perumdam Tirta Siak, Agung Anugrah mengatakan aplikasi ini memungkinkan masyarakat atau pelanggan dapat mengakses layanan tanpa harus datang ke Kantor Perumdam Tirta Siak. Aplikasi ini bisa diunduh melalui playstore.

"Aplikasi Tirta Siak merupakan layanan untuk memudahkan pelanggan yang ingin membayar tagihan atau uang yang ingin memasang pipa sambungan air. Hal ini merupakan salah satu upaya peningkatan layanan yang sedang digesa oleh Perumdam Tirta Siak," ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Pemko Pekanbaru sekaligus Dewan Pengawas Tirta Siak Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut menyampaikan, peningkatan layanan Perumdam Tirta Siak sedang terus dilakukan.



Pemko Pekanbaru dan Tirta Siak terus berbenah untuk karena penyediaan air minum yang berkualitas merupakan amanat UUD 1945. Dimana, pemerintah juga wajib memastikan masyarakat mendapatkan semua haknya, termasuk air minum yang layak dan berkualitas. 

"Air yang bersih adalah hak kita. Kami baik pemerintah maupun Perumdam sudah terus berbenah untuk meningkatkan layanan dan kualitas air yang bersih bagi masyarakat. Karena kita menyadari, air bersih adalah kebutuhan pokok dan sangat penting bagi anak-anak kita untuk menyongsong generasi emas di masa 2045," jelasnya.

Menurutnya, selain upaya pembenahan kualitas air, peluncuran aplikasi ini juga menjadi satu upaya pembenahan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Disamping itu, Direktur PT PP Tirta Madani Reza Afnan, mengatakan bahwa air minum Tirta Siak telah berstandar food grade. Sehingga masyarakat diharapkan tidak lagi ragu untuk berlangganan. 

"Yang kita pakai untuk mengolah air permukaan merupakan bahan yang sudah berstandar food grade dengan sertifikat halal dari pabriknya, itu adalah standar yang kami gunakan untuk memproduksi air minum bagi pelanggan Tirta Siak," jelasnya. 

Adapun fitur aplikasi yang terdapat pada aplikasi Tirta Siak diantaranya, Fitur Layanan Aplikasi Mobile Tirta Siak, pendaftaran Pemasangan Baru, pembayaran tagihan pelanggan, layanan pengaduan, cek meter air, riwayat penggunaan dan tagihan, bantuan dan dukungan, serta berita dan informasi.