Tak Cuma Hadiri Upacara HUT RI di IKN, Konglomerat Kelas Naga Juga Bahas Investasi Megah

Konglomerat-Kelas-Naga-Juga-Bahas-Investasi-Megah.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Senyum sumringah terpancar dari wajah orang-orang terkaya di Indonesia saat menghadiri Upacara 17 Agustus 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN). Mereka adalah tamu undangan resmi yang duduk di barisan depan saat puncak HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Dari sekitar 3.000 undangan yang ada, tidak hanya pemerintah dan deretan pejabat yang hadir dalam upacara bendera di IKN. Deretan konglomerat tersebut merupakan penguasa ekonomi di Indonesia yang kemudian dijuluki dengan sebutan 'Sembilan Naga'.

Mereka yang duduk di barisan depan yakni Franky Widjaya, Sugianto Kusuma (Aguan), Prajogo Pangestu, Boy Garibaldi Thohir, hingga TP Rachmat.

Aguan merupakan pemilik Agung Sedayu Group (ASG), Franky Widjaja pemilik Sinarmas Group, Prajogo Pangestu pemilik Barito Pacific, serta Boy Gribaldi Thohir pemilik Adaro Group.

Diketahui Aguan, Prajogo Pangestu, Boy Garibaldi Thohir, hingga Franky Widjaja, merupakan salah satu investor di IKN yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara.

Konsorsium Nusantara berinvestasi dengan nilai total sebesar Rp20 triliun untuk membangun proyek mixed-use yang mencakup pusat perbelanjaan, hotel, hingga perkantoran.

Salah satu proyek Konsorsium Nusantara yang sudah berjalan dan bahkan hampir selesai konstruksinya ialah Hotel Nusantara. Sebagai informasi, menurut data Otorita IKN (OIKN), terdapat 10 perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara.



Meliputi, ASG, Salim Group, Astra Group, Sinarmas Group, Kawan Lama Group, Mulia Group, Pulau Intan, Alfa Group (Alfamart), Barito Pacific, dan Adaro Group.

Masyarakat yang menyaksikan upacara di IKN secara daring pun tak luput membahas kehadiran 9 naga tersebut. Netizen di X dibuat salah fokus melihat kehadiran para penguasa ekonomi Indonesia di IKN.

Dalam salah satu cuitan akun @profesor_saham, nampak tangkapan layar para pengusaha kaya raya Indonesia yang ikut hadir dalam upacara 17 Agustus di IKN. Banyak yang mengakui para pengusaha ini adalah sosok 9 naga Indonesia yang dikenal sebagai penguasa ekonomi di Tanah Air.

"Penampakan 9 naga" tulis @profesor_saham.

Tak cuma hadir saat HUT, ternyata sebelumnya mereka sudah membahas pembangunan dan investasi di IKN.

Dalam sebuah video yang beredar, tampak para konglomerat tersebut saling melempar topik pembahasan seputar pembangunan hotel, mal dan perkantoran di IKN.

Sejumlah taipan tersebut membahas progres pembangunan Hotel Nusantara. Mereka membahas pembangunan hotel bintang lima yang disinyalir harga sewa per malam cukup fantastis.

"Kalau kurang dari setahun (pembangunan hotel), sebenarnya sembilan bulan. Delapan lantai, sekitar 200 kamar,"

Kemudian mereka juga berencana membangun Botanical Garden seluas 200 Hektar lebih.

"Sekarang sudah mulai berjalan pembangunan, mal. Di dalam Botanica akan ada empat hotel."