Unilak Luncurkan Program Studi Magister Ilmu Akuntansi

Unilak-Luncurkan-Program-Studi-Magister-Ilmu-Akuntansi.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau meluncurkan Program Studi Magister Ilmu Akuntansi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri (BRK) Syariah, Rabu, 7 Agustus 2024.

Dekan Sekolah Pascasarjana Unilak Dr Adolf Bastian S Pd M Pd menyampaikan, pascasarjana di Unilak telah berdiri sejak 10 tahun  lalu, dimulai dari Magister Ilmu Hukum dan Magister Manajemen yang kemudian disusul dengan program-program studi lain seperti Magister Ilmu Lingkungan, Magister Ilmu Pertanian, Magister Pedagogi, Magister Ilmu Komputer, serta terbaru yaitu Magister Ilmu Akuntansi. 

"Terima kasih kepada teman-teman di pascasarjana. Keberhasilan ini kita raih karena perjuangan bersama serta kepercayaan dari Bapak Rektor," katanya. 

Ia menambahkan, Sekolah Pascasarjana Unilak juga akan terus menambah program-program studi yang lain. Adolf mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah menunggu izin Program Studi Magister Rumah Sakit, Manajemen Rekayasa Teknik, serta Budaya dan Media. "Kita gagas juga program Doktor Manajemen, Hukum dan Ilmu Pendidikan," ungkapnya. 

Dr Adolf berharap, peluncuran Program Studi Ilmu Akuntansi ini dapat menambah wawasan dan kemampuan serta perubahan sikap dan perilaku. Tak hanya itu, ia menambahkan, Magister Ilmu Akuntansi juga penting bagi perbankan dan stakeholder lain serta menjadi wadah untuk mengembangkan keilmuan yang lebih luas. 



Sementara itu, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS M Hum menyambut peluncuran Program Studi Ilmu Akuntansi tersebut. Dikatakannya, proses di balik peluncuran ini memerlukan perjuangan panjang bahkan lebih dari 1,5 tahun. Ia mengucapkan syukur dan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pendirian program studi baru ini. 

"Prodi ini adalah salah satu prodi yang cukup lama prosesnya. Alhamdulillah bisa berdiri, terima kasih kepada tim yang fokus pada pendirian ini," ucapnya. 

Selain itu, dalam agenda ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Sekolah Pascasarjana dengan DR RASULI SE MSi AK CA Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Riau. 

Usai peluncuran program studi tersebut, acara dilanjutkan dengan seminar nasional bertajuk Masa Depan Akuntansi Literasi Keuangan dan Pengawasan Terintegrasi dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan. 

Dengan narasumber Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Riau Panji Achmad, Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Riau Jariyatna SE MM Ak CPA CFSA, dan Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS M Hum dengan moderator Kaprodi Magister Ilmu Akuntansi Dr Indarti SE MM AK CA yang diikuti ratusan peserta dari akademisi, mahasiswa, perbankan, dan praktisi.