Punya Daya Tarik, Investasi di Pekanbaru Meningkat Setiap Tahun

Ilustrasi-Investasi4.jpg
(Tribun Makassar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tingkat investasi di Kota Pekanbaru mengalami tren positif setiap tahunnya. Hal ini diakui Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa.

Pada 2023, total investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) meningkat dari Rp 4,23 triliun menjadi Rp 6,5 triliun.

Risnandar menilai bahwa Kota Pekanbaru memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para investor."Dari data investasi, saya melihat adanya peningkatan yang signifikan setiap tahun. Ini melewati target yang telah direncanakan," ujarnya.

Menurut dia, Pekanbaru mampu berkembang menjadi kota tujuan investasi, pusat bisnis, dan pusat ekonomi regional yang didominasi oleh sektor jasa, perdagangan, dan industri.


"Salah satu strategi kami untuk menciptakan daya tarik bagi dunia usaha adalah dengan mewujudkan iklim investasi kondusif melalui pelayanan perizinan pada Mal Pelayanan Publik (MPP)," paparnya.

Ibukota Provinsi Riau ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama di bidang perekonomian dan infrastruktur. Kemajuan yang dicapai saat ini dapat dilihat sebagai wujud kualitas visi maupun perencanaan yang telah ditetapkan.

Saat ini, Pemerintah Kota Pekanbaru telah menyusun perencanaan jangka panjang untuk 20 tahun kedepan (RPJPD 2025-2045) yang memuat visi kota yaitu "Pekanbaru Bertuah, yang Berbudaya, Maju dan Berkelanjutan."

Pertumbuhan ini menandakan Pekanbaru sebagai magnet yang diharapkan akan menarik minat banyak orang untuk datang berkunjung ke Kota Pekanbaru.

"Saya sebagai Penjabat Wali Kota Pekanbaru, telah dipercaya dan diberikan amanah untuk bersama-sama dengan seluruh komponen yang ada untuk membangun Kota Pekanbaru yang lebih baik kedepannya, dengan dilandaskan keikhlasan, ketulusan dan gotong-royong," kata Risnandar.