Dibandingkan dengan Jawa, Mendag Sebut Harga Cabai di Pekanbaru Mahal

Mendag-resmikan-pasar-palapa.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyoroti harga cabai merah yang mencapai Rp 60.000 per kilogram saat melihat ketersediaan bahan pangan di Pasar Rakyat Palapa Pekanbaru, Senin 24 Juni 2024.

Dirinya membandingkan harga cabai merah di Pulau Jawa dan di Pekanbaru. Menurutnya, harga cabai di Pekanbaru termasuk mahal.

"Cabai mahal sedikit. Cabai di Jawa paling mahal Rp 45 ribu, kalau di sini bisa Rp 60 ribu," ujarnya usai meninjau Pasar Rakyat Pasar Palapa.

Dirinya mengatakan bahwa cabai kebanyakan berasal dari Medan dan Aceh. Sementara ia menilai untuk harga bahan pangan lainnya masih stabil.


"Yang lainnya standar, cuma cabai sedikit mahal," sebutnya.

Sementara untuk harga bawang masih stabil yakni Rp 42.000 hingga Rp 45.000 per kilogram. Ia menyebut harga di Pekanbaru stabil sama dengan di Pulau Jawa.

Zulhas menyebut bahwa tugas pemerintah dalam menjaga kestabilan harga. Ia menyadari masih banyak masyarakat yang tidak percaya dengan harga di pasaran saat ini.

Menurutnya, harga tidak boleh memberatkan masyarakat. Harga juga tidak boleh memberatkan pedagang serta produsen. "Masyarakat tidak percaya harga murah-murah, tapi tugas kita menjaga stabil harga," katanya.