Asian Agri Dukung Kelompok Ternak Ikan, Tingkatkan Perekonomian Desa

Asian-Agri-serahkan-bantuan-bibit.jpg
(Dok. Asian Agri)

RIAU ONLINE, INHU - Asian Agri melalui salah satu unit usahanya, PT Rigunas Agri Utama - Kebun Peranap (PT RAU), memberikan bantuan berupa bibit ikan kepada Kelompok Ternak Berkah di Desa Semelinang Tebing, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. Ini merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT RAU yang memiliki tujuan untuk membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. 

Dengan adanya kegiatan ini, PT RAU membantu menggerakkan budidaya ikan kolam bagi Kelompok Ternak Berkah di Desa Semelinang Tebing sebagai sumber pendapatan alternatif. General Manager PT RAU, Imam Setiadi mengatakan, “Upaya tersebut sebagai bentuk kepedulian perusahaan pada bidang sosial kemasyarakatan, perekonomian dan kesejahteraan," katanya saat penyerahan bantuan bibit ikan kolam serta pakan, pada tanggal 27 Mei 2024.

Adapun bibit ikan kolam yang diberikan adalah berupa anakan ikan Nila sebanyak 13.500 ekor dan pakan ikan sebanyak 4.000 Kg. Bantuan tersebut diterima oleh Ketua Kelompok Ternak Berkah, Herdianto dengan disaksikan oleh Kepala Desa Semelinang Tebing, Rismalinda.

Pada kesempatan tersebut, Imam menjelaskan bahwa perusahaan berkeinginan untuk tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan warga sekitar. "Dengan adanya budidaya perikanan ini dalam wadah kelompok ternak diharapkan dapat menumbuhkan kekompakan dan kerjasama antar warga sekitar," ucapnya.

Selain itu, para pengurus kelompok juga harus menanamkan rasa memiliki, sehingga manfaat bantuan ini dirasakan dengan dijaga dan dipelihara dengan baik."Kita semua harus yakin bahwa bantuan ini semakin lama semakin berkembang dan tentunya jika sudah panen diharapkan dapat menunjang pendapatan keluarga," lanjut Imam.


Imam lanjut menjelaskan bahwa dengan ketersediaan ikan di desa akan mendukung kesehatan warganya, karena ketersediaan makanan yang bergizi.

Sementara itu, Humas PT RAU, Doni Zendrato menjelaskan bahwa sejak hadir di Desa Semelinang Tebing, perusahaan secara rutin menjalankan kegiatan CSR untuk masyarakat desa.

"Mulai dari aspek sosial, pendidikan, ekonomi, kesehatan dan infrastruktur, yang tentunya program-program tersebut sangat mendukung program pemerintah. Harapan kami, semoga dengan adanya program ini jalinan silaturahmi dan kerjasama antara perusahaan dan warga sekitar dapat dijaga dan juga membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.

Kades Semelinang Tebing, Rismalinda mengucapkan terima kasih kepada PT RAU yang telah peduli pada masyarakat desa. "Kami sangat mendukung program perusahaan dan bahkan kami sangat senang dengan banyaknya bantuan yang diberikan selama ini. Khususnya bantuan program ekonomi kemasyarakatan dalam wujud ternak ikan," jelasnya.

Rismalinda juga menambahkan, semoga bantuan ini dapat dipelihara dan dikembangkan, dari satu kolam di tahun ini menjadi dua kolam ditahun depan dan seterusnya, sehingga makin lama makin banyak. “Kalau sudah banyak, tentunya makanan bergizi tersedia dan mudah didapat serta ini yang lebih penting, dapat menambah pendapatan bagi peternak ikan,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi harus dimulai dari desa sesuai dengan program pemerintah.

Selain itu, salah satu penerima manfaat bantuan bantuan, Resdianto sangat berterima kasih dengan adanya program CSR dari PT RAU. "Kami memiliki 10 orang anggota, dengan kekompakan dan ketekunan, kami yakin program ini akan berhasil," ucapnya.