Cuaca Tak Menentu, Bikin Harga Sayur Naik di Pekanbaru

Pasar-pagi-arengka1.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tidak hanya beras, harga sayur-mayur di beberapa pasar tradisional Kota Pekanbaru ikut mengalami kenaikan. Kenaikan harga sayur ditengarai perubahan cuaca yang tak menentu menyebabkan petani gagal panen.

Dari pantauan RIAU ONLINE, Kamis 14 September 2023, pada pukul 09.00 WIB, meski sayuran naik, namun harga ayam masih tetap stabil. 

Pedagang di Pasar Pagi Arengka, Dedi (43), mengatakan untuk sayur sawi yang biasanya dijual Rp 5 ribu, kini menjadi Rp 8 ribu per kilogram.

"Sayuran yang harganya sedang naik di sini seperti sawi, kembang kol, brokoli, daun bawang. Sedangkan untuk tomat, kentang, wortel tetap stabil, malahan adanya penurunan harga," ujarnya saat diwawancara, Kamis 14 September 2023.

Andi berharap kondisi ini bisa segera pulih dan harga kebutuhan pangan kembali normal.



Sementara, pedagang sayur di Pasar Selasa, Jalan HR Soebrantas, Titi (32), mengaku menjual sawi manis dengan harga Rp12 ribu per kg. 

"Saya menjual beberapa sayur namun yang naik di sini cuma sawi manis. Dimana harga awal hanya Rp 8 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram," kata Titi.

Menurut Titi, hasil panen petani yang tidak maksimal berdampak pada omsetnya yang ikut merosot.

"Berkurangnya pembeli sawi manis yang harganya lebih mahal dari biasanya membuat membuat omset saya menurun," tutup Titi.

Artikel ini ditulis Anisa, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE