Polsek Mandau Gandeng Kaum Perempuan jadi Pelopor Kampanye Pilkada Damai

Polsek-mandau-cooling-system-dengan-perempuan.jpg
(Dok. Polsek Mandau)

RIAU ONLINE, MANDAU - Polsek Mandau terus menggelorakan semangat Pilkada Damai 2024 di seluruh kalangan masyarakat, termasuk kaum perempuan di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Di bawah pimpinan Kapolsek Mandau, Kompol Hairul Hidayat, upaya ini dilaksanakan melalui berbagai pendekatan, salah satunya melalui sosialisasi yang dipimpin oleh Panit Lantas 1 Polsek Mandau, Ipda Ekanedi, Senin 7 Oktober 2024.

Ipda Ekanedi mengatakan. kegiatan terus dilakukan guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya partisipasi perempuan dalam menjaga kedamaian dan ketertiban selama masa Pilkada, 

"Kita mengajak para ibu-ibu di Kecamatan Mandau untuk turut aktif dalam menciptakan suasana kondusif. Sosialisasi ini juga menekankan peran penting kaum hawa dalam membina keluarganya agar tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks dan isu negatif yang dapat memicu konflik selama Pilkada berlangsung," imbuh Ipda Ekanedi.

Tambah Ipda Ekanedi, Polsek Mandau mengajak kaum perempuan untuk menjadi pelopor dalam menjaga kedamaian, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. 


"Sebagai figur utama dalam keluarga, ibu-ibu memiliki peran strategis dalam mencegah tersebarnya informasi yang tidak benar dan menjaga harmoni selama proses Pilkada," ujarnya.

Ipda Ekanedi juga menegaskan pentingnya menjaga persatuan di tengah perbedaan pilihan politik. Ia menekankan bahwa berbeda pilihan adalah hal yang wajar dalam demokrasi, namun harus tetap dijaga dengan penuh kedewasaan dan tidak menimbulkan perpecahan di lingkungan masyarakat.

Kegiatan ini disambut positif oleh para peserta yang hadir. Mereka sepakat bahwa menjaga kedamaian selama Pilkada bukan hanya tugas aparat keamanan, tetapi juga seluruh elemen masyarakat, termasuk kaum perempuan. Beberapa peserta bahkan menyatakan kesiapan mereka untuk ikut menyebarkan pesan damai ini kepada anggota keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Melalui kegiatan ini, Polsek Mandau berharap kesadaran masyarakat, khususnya kaum perempuan, akan pentingnya Pilkada Damai 2024 semakin meningkat. Dengan peran aktif dari seluruh elemen masyarakat, diharapkan proses demokrasi ini dapat berlangsung dengan aman, damai, dan tertib, serta menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk kemajuan daerah.

"Sosialisasi ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan Polsek Mandau dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Mandau, terutama menjelang Pilkada. Dan kami akan terus melakukan berbagai upaya untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan damai, dan kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga suasana yang kondusif," pungkasnya.