4 Jam Diguyur Hujan, Titik Api di Mandau Bengkalis Padam

Kapolsek-Mandau-di-lokasi-karhutla.jpg
(ANDRIAS/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, MANDAU - Hujan deras hampir merata terjadi di Kabupaten Bengkalis Riau, membuat titik api di Jalan Pemda RT 02 RW 03 Duri XIII Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, mulai padam.

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro mengatakan kendati lokasi titik karhutla mulai padam oleh hujan deras yang mengguyur sejak pagi, Rabu, 31 Juli 2024. Namun petugas dan tim satgas tetap berada di lokasi melakukan pendinginan. 

"Petugas bersama tim satgas masih tetap berada di lokasi karhutla untuk melakukan pendinginan dan pemantauan di lokasi tersebut," kata Kapolres Bengkalis disampaikan oleh Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat kepada Riauonline, Rabu 31 Juli 2024.

Hujan deras selama 4 jam terjadi sejak pagi, merata mengguyur Kecamatan Mandau, membuat titik api karhutla mulai padam.

"Alhamdulillah, api sudah padam dan tinggal pendinginan. Pun demikian petugas masih tetap berada di lokasi guna pemantauan karena masih ada sedikit asap putih tipis," terang Kompol Hairul Hidayat.



Polsek Mandau menunjukkan keseriusan serta tanggap mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah hukum sektor Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Sebelumnya, tim gabungan melakukan pemadaman karhutla di lahan seluas kurang lebih 3 ha di Jalan Pemda RT 02 RW 03 Duri XIII Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan.

"Luas lahan yang terbakar kurang lebih 3 ha merupakan lahan tanah gambut yang berisi tanaman sawit," kata Kapolsek Mandau, Kompol Hairul Hidayat, kepada RIAU ONLINE, Selasa, petang.

Kompol Hairul menyebut akses untuk menuju ke lokasi kebakaran lahan tersebut merupakan jalan tanah yang berjarak sekitar 15 km dari Jalan Lintas Duri Dumai (Simpang Jalan Pemda) Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan.

"Lokasi lahan yang terbakar merupakan lahan sawit, dengan sumber air yang digunakan oleh Tim Pemadam di lapangan menggunakan air kanal yang ada di lokasi dengan kapasitas air yang sangat terbatas," terang Kompol Hairul.

Sebanyak 77 orang personel tim gabungan dari Polsek Mandau dan BKO Polres Bengkalis, Koramil 03 Mandau, BPBD dan Damkar Kecamatan Bathin Solapan, berjibaku melakukan pemadaman. Perangkat Desa Bumbung serta pemilik lahan dan warga lokasi sekitar juga turut membantu.