Penerima DAK Terbesar, Presiden Kucurkan Rp 73,4 Miliar untuk Bangun Meranti

ILUSTRASI-ANGGARAN.jpg
(KEMENDAGRI.GO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabupaten Kepulauan Meranti mencatatkan diri sebagai daerah penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) terbesar di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Presiden Jokowi menganggarkan DAK sebesar Rp 73,4 miliar bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tahun 2025.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Fajar Triasmoko, menjelaskan pihaknya berupaya keras untuk mendapatkan dukungan dana dari pemerintah pusat demi kemajuan daerah.

Fajar menjeleskan, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan menetapkan dana tersebut untuk Kepulauan Meranti. Dengan dana tersebut, Kepulauan Meranti siap melanjutkan pembangunan jalan yang menjadi pelayanan mendasar untuk masyarakat.


“Alhamdulillah, total anggaran DAK 2025 yang berhasil kami usulkan mencapai Rp 73.399.447.000 untuk pembangunan jalan pelayanan dasar. Anggaran tersebut akan difokuskan pada pengembangan infrastruktur yang mendukung konektivitas antar daerah dan aksesibilitas bagi masyarakat," ujarnya, Rabu, 25 September 2024.

Dari total DAK tersebut, Fajar menyebutkan, Rp 37.005.455.000 akan digunakan untuk pembangunan jalan layanan dasar. Sementara, Rp 25.953.712.000 akan dialokasikan untuk penguatan kawasan sentra produksi pangan, dan Rp 10.440.280.000 untuk layanan dasar air minum.

Dinas PUPR juga berkomitmen untuk terus mencari peluang pendanaan lebih besar guna meningkatkan proyek infrastruktur yang berdampak luas bagi masyarakat.

Fajar menegaskan pihaknya akan terus berupaya memastikan pembangunan infrastruktur di Kepulauan Meranti berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat bagi masyarakat.