3 Unit Helikopter Dikerahkan Padamkan Karhutla di SM Giam Siak Kecil

Pemadaman-karhutla-di-sudirman.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali melanda kawasan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, tepatnya berada di Desa Tasik Serai, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kondisi ini dibenarkan oleh Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Melalui keterangan tertulis, Senin, 23 September 2024, pihak BBKSDA menyebutkan bahwa proses pemadaman dibantu oleh 3 unit helikopter.

"Sebanyak 3 unit helikopter dikerahkan untuk memadamkan kobaran api di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil".

Tak hanya itu, tim gabungan yang terdiri dari Balai Besar KSDA Riau bersama Manggala Agni Daops Siak, TNI/Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) serta masyarakat setempat ikut bahu-membahu melakukan pemadaman.

Dalam pemantauan menggunakan drone, tim melihat beberapa titik lokasi yang terbakar yang terdiri dari vegetasi stacking lahan perkebunan dan semak belukar (tegakkan hutan). 


Bahkan tim harus berjalan menuju ke lokasi dengan berjalan kaki sekitar 1 hingga 3 km. 3 Unit Helikopter turut membantu dalam pemadaman di sekitar lokasi kebakaran.

Tim juga membantu kegiatan pemadaman di kebun masyarakat dan melakukan mopping up dan pendinginan agar api benar-benar padam.

Selanjutnya tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang keluar-masuk kawasan hutan guna mencegah terjadinya kebakaran lebih luas.

Pihak BBKSDA juga melarang setiap masyarakat untuk membuang puntung rokok sembarangan, menghidupkan api, dan membakar serasah/semak-semak yang ada di dalam kawasan hutan dan yang di luar kawasan agar tidak terjadinya kebakaran.

Saat ini BBKSDA tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait demi menjaga agar tidak terjadinya kebakaran di kawasan SM. Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis.