Hasil Cek Kesehatan 43 Paslon Pilkada Riau di RSUD Arifin Ahmad Keluar Besok

Hasil-Cek-Kesehatan-43-Paslon-Pilkada-Riau-di-RSUD-Arifin-Ahmad-Keluar-Besok.jpg
(Winda Turnip/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 43 pasangan calon (Paslon) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Riau telah selesai melakukan tes kesehatan, Senin, 2 September 2024.

Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, RSUD Arifin Ahmad akan mengirimkan hasil tes kesehatan 43 Paslon Pilkada tersebut pada Selasa besok.  

"Rangkaian tes kesehatan untuk 43 Paslon atau 86 orang yang mengikuti Pilgubri, Pilwako dan Pilbup se-Provinsi Riau sudah selesai. Hasil tesnya akan kami (KPU) terima dari RSUD sekitar pukul 15.00 WIB besok," ujar Rusidi.

Sementara itu, Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau drg. Wan Fajriatul Mamnunah mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap Paslon Pilkada Riau sudah berjalan dengan aman dan lancar. Dimana, setiap Paslon sudah diperiksa kesehatannya melalui tim kesehatan RSUD Arifin Ahmad yang terdiri dari 80 orang.

"Tes kesehatan sudah selesai sesuai dengan Juknis dari KPU. Jadi kepada 86 calon gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil walikota serta calon bupati dan wakil bupati, sudah kita lakukan rangkaian tes kesehatan rohani dan jasmani. Dalam pemeriksaan ini, kita juga melibatkan tim dari RSJ Tampan dan BNN," jelasnya.


Komisioner KPU Provinsi Riau bidang Teknis, Nahrawi melanjutkan, hasil tes kesehatan yang diterima KPU nantinya terdiri dari dua kategori, yakni layak atau tidak layak. 

"Karena yang kami perlukan adalah apakah calon layak atau tidak layak dari segi kesehatan melalui tes kesehatan ini. Baik rohani maupun jasmani," jelasnya.

Menurutnya, jika nantinya ada yang dinyatakan tidak layak, maka hasil akan disampaikan kepada calon agar dapat didiskusikan untuk mencari penggantinya maju ke Pilkada Riau. 

"Jika ada yang tidak layak, maka kita akan sampaikan kepada calon. Apakah kemudian akan mencari pengganti untuk maju Pilkada atau solusi lainnya," pungkasnya.