Kolam Pendingin Limbah PT Bumi Siak Pusako Dayun Kebakaran

Kolam-Pendingin-Limbah-PT-Bumi-Siak-Pusako-Dayun-Kebakaran.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Terjadi kebakaran hebat di kolam cooling pond pit-3 zamrud atau kolam untuk proses mendinginkan limbah cair PT Bumi Siak Pusako (BSP) Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau.

External Affairs Manager Riky Hariansyah mengatakan, peristiwa terjadi Jumat, 30 Agustus 2024 malam, sekitar pukul 23:00 WIB.

“Dari peristiwa itu puluhan petugas pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk memadamkan api, dibantu tim yang sedang on duty segera melakukan tindakan pemadaman dengan peralatan BSP yang ada,” tuturnya.

Selain petugas dari PT BSP untuk antisipasi serta percepatan penanganan, manajemen meminta bantuan dari beberapa peralatan pemadaman yakni dari BPBD Siak, PT Arara Abadi, PEP Lirik Terminal Buatan, Manggala Agni Siak, dan dari PT PHR Minas. 



Pemadaman api dilakukan dengan foam agar api dapat dilokalisir dan dikendalikan lebih cepat. 

"Akhirnya dengan kerjasama seluruh tim api dapat kita kendalikan dan kita padamkan pada sekitar pukul 01.03 wib," kata Riky. 

Tambahnya, terkait penyebab kebakaran tim PT BSP sedang melakukan investigasi penyebabnya, sampai hari ini tim masih mengumpulkan informasi dan data pendukung untuk mengetahui penyebabnya. 

"Dalam peristiwa tersebut , Alhamdulillah tidak ada korban," tutup Riky.