Renjana Cita Srikandi di Pekanbaru, Ketua DWP Riau: Cerminan Hebatnya Srikandi Riau

Renjana-Cita-Srikandi-di-Pekanbaru-Ketua-DWP-Riau-Cerminan-Hebatnya-Srikandi-Riau.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah sukses digelar di Kota Jakarta, Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Renjana Cita Srikandi melanjutkan roadshow-nya ke Kota Pekanbaru.

Masyarakat antusias datang ke lokasi acara di hari pertama kegiatan, Jumat 23 Agustus 2024. Kegiatan berlangsung di Lapangan Gubernur Riau dan Ballroom Menara BRK Syariah Riau.

DWP Provinsi Riau, Dra Hj Adrias Harianto menyambut baik adanya gelaran ini. Dirinya bangga karena Pekanbaru menjadi kota kedua yang dipilih sebagai lokasi festival akbar ini.

"Kita bisa bercermin bagaimana hebatnya perempuan-perempuan di Riau. Oleh sebabnya Pekanbaru Riau dipilih menjadi kota pertama setelah Jakarta. Berarti kita adalah srikandi-srikandi hebat," ujar Ketua DWP Riau dalam sambutannya di Ballroom Menara BRK Syariah Pekanbaru.

Dirinya sekaligus membuka kegiatan hari pertama Renjana Cita Srikandi. Gelar wicara mengangkat tema "Healthy Lifestyle for Modern Women: How to Keep You Healthy in Hot Water" dengan dr Reisa Brotoasmoro menjadi narasumber pada sesi talkshow kali ini.

"Pada sore hari ini dalam kondisi kesehatan, berkesempatan berkumpul dalam acara gelar wicara. Bismillah, gelar Renjana Cita Srikandi secara resmi saya nyatakan dibuka," ujar Adrias.

Istri Penjabat (Pj) Gubernur Riau ini menilai bahwa Renjana Cita Srikandi merupakan perhelatan yang menggembirakan pada perempuan dan masyarakat Riau.


"Perhelatan ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan Indonesia umumnya dan Riau khususnya. Saya ucapkan terimakasih atas inisiasi kegiatan ini," paparnya.

Dirinya berharap para perempuan hebat yang menjadi narasumber dapat menambah pengetahuan serta menjadi inspirasi bagi masyarakat Riau. Apalagi dr Reisa Brotoasmoro merupakan perempuan inspiratif yang punya perhatian besar dari gaya hidup sehat.

"Harapannya semoga topik kali ini memberikan pencerahan dan menambah pengetahuan perempuan Riau untuk menjaga kesehatan dengan baik di tengah musim pancaroba saat ini," ulasnya.

Sebagai bentuk simbolisasi, juga diserahkan tandamata berupa kain khas Melayu dari DWP ke dr Reisa Brotoasmoro.

Gelaran Renjana Cita Srikandi bakal berlangsung selama tiga hari di Pekanbaru. Dengan mengusung tema "Energizing You, Elevating Each Other", acara ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan Indonesia dengan meningkatkan kompetensi dan mendorong kolaborasi antar perempuan.

Renjana Cita Srikandi mengusung tiga unsur penting, yakni Karsa, Kriya, dan Karya. Karsa berfokus pada perluasan wawasan dan motivasi positif dengan menghadirkan tokoh perempuan inspiratif yang berbagi ilmu dan pengalaman melalui sesi “Gelar Wicara” di setiap waktu pelaksanaannya. 

Kriya, menyediakan program lokakarya untuk pembekalan dan peningkatan talenta bersama komunitas lokal seperti Ges Floral, Kawan Sekarya, Sya Sky Studio, Ngepaint Yuk, dan masih banyak lagi. Terakhir Karya, yang menampilkan pertunjukan seni seperti musik, tari, dan mode, serta pekan raya UMKM.

Renjana Cita Srikandi dapat menjadi sarana untuk berkomitmen dan meningkatkan kompetensi diri bagi para perempuan. Renjana Cita Srikandi di Pekanbaru juga diharapkan dapat menjadi momentum yang dapat membawa perubahan bagi kreativitas dan bagi keberlangsungan karya-karya Perempuan.

Festival ini dihadiri lebih dari 70 perempuan inspiratif, termasuk Prilly Latuconsina, Yura Yunita, Rossa, Agnez Mo, Putri Ariani, Iyeth Bustami, GAC, Marion Jola, Mulan Jameela, Salma Salsabil, Fenita Arie, Tasya Farasya, Raline Shah, Chef Sisca Soewitomo, Chef Marinka, Chef Bu Rudy, Lenggogeni Faruk Halilintar, Ayu Ting Ting, Melody Laksani.

Kemudian ada Titi Kamal, Ghina Raihanah, Monalisa Sembor, dan banyak lagi. Dan pada hari kedua pelaksanaannya, yaitu Sabtu, 24 Agustus 2024, akan juga menjadi malam puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-67 Provinsi Riau yang akan turut dimeriahkan oleh Rizky Febian, Armada, Kunto Aji dan Mario G Klau.