Bangku dan Pagar Besi Jadi Sasaran Pencurian di Pekanbaru

Kasatpol-PP-Pekanbaru5.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah fasilitas umum di Kota Pekanbaru rusak bahkan hilang dicuri orang tidak bertanggung jawab. Mereka tidak cuma mencuri besi bangku di pedestrian kota, namun juga nekat mencuri sejumlah besi pagar Jembatan Siak IV.

Aksi pencurian serupa juga terlihat pada pagar pembatas di bawah flyover pertigaan Jalan Jenderal Sudirman-Tuanku Tambusai. Pemandangan pagar yang dicuri terlihat dari arah Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Jalan Jendral Sudirman.

Pelaku juga nekat mencuri pagar pembatas di bawah flyover pertigaan Jalan Jendral Sudirman-Jalan Imam Munandar.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengaku gerah dengan aksi oknum tidak bertanggung jawab. Ia menilai aksi pencurian besi fasilitas umum di Kota Pekanbaru semakin marak.

"Kita sudah kerap mendapati aksi tersebut, maka kita bakal lakukan patroli bersama dengan Satpol PP Provinsi Riau," sebutnya, Selasa 13 Agustus 2024.



Menurutnya, patroli bersama ini diharapkan dapat menjadi langkah preventif yang efektif untuk menghentikan pencurian besi yang telah menyebabkan kerugian besar bagi kota.

Patroli bersama sengaja digelar guna mengantisipasi aksi pencurian terhadap fasilitas umum yang kian ekstrem. Pihaknya pun melakukan patroli bersama agar mencegah aksi pencurian terulang kembali.

"Patroli bersama ini akan menjadi langkah konkret dalam menjaga fasilitas umum kita dari tangan-tangan jahil," katanya.

Zulfahmi menyebut sudah beberapa kali mendapat informasi tersebut. Pihaknya melakukan koordinasi dengan Satpol PP Riau untuk patroli bersama di wilayah rawan pencurian fasilitas umum ini.

Tak hanya itu, mereka juga mengusulkan pemasangan CCTV di titik rawan pencurian. Ia menyadari jumlah personel yang terbatas tidak mungkin bisa memantau seluruh titik rawan pencurian.

"Kita sudah usulkan, agar di lokasi rawan pencurian bisa dipasang CCTV, jumlah personel kita juga terbatas," tutupnya.