Siaga 1, 71 Kampung Rawan Karhutla di Siak dalam Pantauan BPBD

Heli-padamkan-karhutla-di-Siak.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak menerapkan Siaga 1 dan mengoptimalkan pemantauan terhadap 71 kampung rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Siak. Koordinasi lintas sektor untuk memadamkan api juga ditingkatkan.

"Terakhir kami memadamkan karhutla di km 7 jalan lurus arah Dayun, 10 hektare lahan terbakar namun kini sedang pendinginan dibantu hujan," kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Siak Herianto di Siak, Selasa, 6 Agustus 2024.

Herianto menyebut ada 71 kampung di Kabupaten Siak yang rawan karhutla. Terlebih lagi, lahan gambut mudah terbakar ketika cuaca ekstrem saat ini.

Dia pun mengimbau masyarakat yang pergi ke kebun untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.



Sementara itu, kata dia, petugas BPBD Siak terus berupayam memadakan karhutla melalui darat maupun udara di beberapa lahan yang terbakar cukup luas, seperti di Tasik Betung, Kecamatan Mandau, pada Senin, 5 Agustus 2024.

"BPBD Siak mengapresiasi BPBD Provinsi Riau termasuk perusahaan kertas Riau Arara Abadi yang juga membantu pemadaman di Teluk Lancang Mandau menggunakan helikopter karena sangat efektif," katanya.

Menurutnya, karhutla merupakan bencana tahunan yang harus terus diantisipasi bersama. Selain itu, petugas terus bersiaga agar bisa bergerak cepat jika terjadi karhutla.

Berdasarkan catatan BPBD Siak, titik api di Kabupaten Siak saat ini sudah tidak lagi ditemukan atau nihil setelah hujan lebat yang mengguyur Riau sejak beberapa hari terakhir.(ANTARA)