Bahayakan Warga, Jembatan Penyeberangan Orang di Pekanbaru Keropos dan Berkarat

JPO-keropos-di-pekanbaru2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah jembatan penyeberangan orang atau JPO di Kota Pekanbaru kondisinya sangat memprihatinkan. JPO tersebut rusak berat dengan bagian-bagian sudah keropos dan berkarat.

Padahal, sejumlah warga masih menggunakan JPO untuk menyeberang. Seperti terlihat di JPO depan Sudirman Square, warga yang menyeberang pun mesti ekstra hati-hati.

Ada empat JPO saat ini masih dikelola oleh pihak ketiga. Tiga di antaranya ada di Jalan Jenderal Sudirman dan satu lagi di Jalan Tuanku Tambusai.

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru berencana bakal menutup sementara JPO untuk mencegah warga menggunakannya. Apalagi hingga kini proses perbaikan terhadap JPO belum kunjung dilakukan.



"Kita bakal menutup sementara sebelum diperbaiki, agar tidak membahayakan pengguna JPO," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Senin 5 Agustus 2024.

Proses perbaikan terhadap JPO tidak bisa dilakukan karena belum ada proses serah terima aset. JPO tersebut masih belum pindah pengelolaan dari pengelola lama ke pengelola baru.

Kerja sama dengan pengelola sudah berakhir sehingga bakal alih ke pengelola baru. Proses alih ke pengelola baru bakal dilakukan secepatnya.

Yuliarso memastikan JPO bakal langsung diperbaiki setelah proses serah terima dengan pengelola baru. Ia menyebut pengelola baru bakal memperbaiki seluruh bagian JPO yang sudah keropos.

"Kita tentu ingin memastikan JPO itu safety atau aman bagi masyarakat, maka pengelola baru bakal memperbaiki bagian tangga hingga bagian atas JPO," sebutnya.