Ulama Nasehati Agung Nugroho-Markarius Bagaimana Jadi Pemimpin Amanah

Pasangan-Agung-Nugroho-Markarius-sambangi-MUI-Pekanbaru.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pasangan Agung Nugroho-Markarius Anwar mendapat nasehat yang sangat berharga saat menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekanbaru, Rabu, 31 Juli 2024. Pasangan ini diberi paham akan bagaimana kriteria pemimpin yang baik.

Prof Dr. H. Akbarizan selaku Ketua MUI Pekanbaru lah yang memberikan nasehat tersebut, konsep Imam Al Ghazali yang diutarakan terhadap pasangan AMAN itu nantinya menjadi bekal yang akan diterapkan saat maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Kota Pekanbaru mendatang.

Pertemuan ibarat pembelajaran guru dengan murid itu berlangsung di ruangan kantor MUI Pekanbaru. Hadir juga Ketua Pemenangan AMAN Ayat Cahyadi dan pengurus MUI Pekanbaru.

Dalam pemaparan itu, ada 10 kriteria pemimpin yang baik menurut konsep Imam Al Ghazali. Satu diantaranya ialah selalu meminta nasehat kepada para ulama. Apa yang terjadi saat itu, sudah menggambarkan sosok kepemimpinan dari pasangan yang diusung Demokrat-PKS tersebut.

"Kata Imam Al Ghazali rajin bertanya kepada para ulama itu salah satu kriteria pemimpin yang baik dan adil, nah ini sudah ada kepadanya. Dan sekarang sudah beliau jalankan, Alhamdulillah," tegas Prof Akbarizan usai pertemuan.

Prof Akbarizan juga menceritakan kisahnya pada masa lampau, bagaimana seorang pemimpin pada masanya yang meminta pendapat untuk membangun kota dari sisi keagamaan. Hal ini pun diharapkannya dapat terwujud dari pasangan AMAN saat memimpin Kota Pekanbaru nantinya.



"Silakan sampaikan program terbaik, apalagi untuk kepentingan umat dan agama dalam membangun Kota Pekanbaru, MUI Pekanbaru menyambut baik kedatangan pasangan ini," paparnya lagi.

Akan tetapi, Prof Akbarizan mengingatkan agar tidak salah memilih ulama yang akan diminta nasehat, sebab ada dua jenis ulama yang ada yakni baik dan tidak baik atau memanfaatkan situasi.

"Tapi hati-hati juga, karena ada dua ulama juga menurut Al Ghazali ini yakni yang lurus dan yang bengkok-bengkok. Hati-hati cari, agar nanti ulama itu dapat menunjukkan ke jalan yang baik," pungkasnya.

Sementara itu, Bakal Calon Wali Kota Pekanbaru Agung Nugroho berterima kasih akan sambutan hangat dari MUI Pekanbaru serta ilmu baru yang didapatkan dalam pertemuan itu.

"Alhamdulillah, kedatangan kami kesini meminta tunjuk ajar kepada MUI Pekanbaru khususnya bagaimana kami nantinya menyusun visi misi dalam memimpin Kota Pekanbaru," kata Agung.

Kedepannya, Agung berharap agar MUI Pekanbaru dapat membersamai pasangan AMAN, selalu memberi arahan serta bimbingannya pada saat memimpin Kota Pekanbaru nantinya.

"Kami berharap juga terus mengawal kami dan mengarahkan kami nanti, baik sebelum terpilih maupun setelah terpilih," pungkasnya.