Syamsuar-Mawardi Siap Berlayar, 3 Paslon Ini Diprediksi Bakal Masuk Panggung Pilgubri 2024-2029

Syamsuar-Mawardi-Siap-Berlayar.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bakal Calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar - Mawardi Saleh baru saja mendapatkan restu Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk maju ke Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024. 

Paslon Syamsuar - Mawardi ini telah mendapatkan SK Penetapan Cagubri, yang diserahkan langsung oleh Airlangga Hartarto di Kediaman Ketum DPP partai Golkar di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024.

Langkah pasangan ini juga dipastikan oleh Bakal Cagubri Mawardi Saleh, telah mendapatkan dukungan dari partainya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Disusul dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Sudah sepakat, insya Allah Selasa atau Rabu depan diumumkan," ujarnya.

Dengan dukungan tiga partai, Syamsuar - Mawardi sudah mendapatkan total 25 kursi untuk Pilgubri Riau. Rinciannya, Golkar memiliki 10 kursi, PKS memiliki 10 kursi dan PAN memiliki 5 kursi.



Dengan kekuatan tiga partai besar, Paslon berlatar belakang Mantan Gubernur Riau periode 2019-2024 dan Tokoh Agama yang terkenal di Provinsi Riau tersebut akan berhadapan dengan Paslon Muhammad Nasir dan Muhammad Wardan. 

Paslon Muhammad Nasir - Muhammad Wardan merupakan Paslon yang pertama kali siap berlayar melalui dukungan Partai Demokrat, ini juga akan segera mendeklarasikan dukungan Gerindra dan Partai Pembangunan Persatuan (PPP).

Persyaratan minimal memiliki 13 kursi untuk maju Pilgubri 2024 berhasil dipenuhi oleh Paslon M Nasir-M M Wardan, yang sudah mengantongi 17 kursi. Dengan rincian, Demokrat memiliki 8 kursi, Gerindra 8 kursi dan PPP 1 kursi.

Jika tak ada aral melintang, kedua Paslon tersebut juga akan bersaing dengan Paslon SF Haryanto dan Abdul Wahid yang diisukan bakal jadi Paslon Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau jagoan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memiliki 6 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang memiliki 11 kursi dan Partai Nasdem dengan 6 kursi.

Calon Gubernur Abdul Wahid telah mendapatkan dukungan secara resmi dari PKB. Namun, hingga saat ini belum mendapatkan pasangan untuk maju ke Pilgubri. 

Kabar Abdul Wahid bakal berpasangan dengan SF Hariyanto yang saat ini masih menjabat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) mencuat sejak beberapa waktu lalu. Meskipun tidak menampik, Abdul Wahid menyebutkan, terkait pemilihan pasangannya, berbagai kemungkinan masih mungkin terjadi selama masih berlangsungnya komunikasi politik antar partai. 

Namun demikian, jika isu tersebut diandaikan, maka Paslon Abdul Wahid - SF Hariyanto akan memperoleh total 23 kursi untuk maju Pilgubri.