Program TMC Dijeda, Karhutla Riau Kembali Terjadi

Pemadaman-karhutla-di-dayun-siak.jpg
(Dok. Manggala Agni)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Riau, pasca Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) tahap kedua.

Terbaru, karhutla terjadi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, pada Kamis, 18 Juli 2024. Hingga hari ini, tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman di lahan yang luasnya belum bisa dipastikan itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, kebakaran lahan juga baru terjadi seperti di Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan di area Konsesi PT Diamond Raya Tinder.



"BPBD sudah turun ke lokasi kebakaran. Untuk area terbakar di konsesi PT Diamond Tinder, karena lokasinya adalah tanggung jawab mereka kita sudah berkoordinasi untuk pemadaman apinya. Luas lahan terbakar belum bisa kita perkirakan," ujarnya, Jumat, 19 Juli 2024.

Ia menjelaskan bahwa Pemprov Riau akan kembali mengajukan bantuan ke Pemerintah Pusat untuk pengadaan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) tahap ketiga. 

"Kita sudah ajukan bantuan ke pusat, operasi TMC akan kembali dilakukan pada tanggal 20 sampai 30 Juli ini," pungkasnya.