Langgar Permendagri, SF Hariyanto Nyatakan Maju Pilgub, tapi Belum Mundur dari Pj Gubri

Pj-Gubri-SF-Hariyanto2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto telah memberikan sinyal akan maju di Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024. Ia mengatakan siap bertempur untuk dua bulan mendatang, dimana pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dibuka oleh KPU Provinsi Riau. 

"Sekarang saya Pj Gubernur Provinsi Riau, dua bulan lagi saya siap bertempur," ujarnya ketika dikonfirmasi usai memberikan sambutan pada agenda Pelantikan Pejabat Eselon II di Gedung Daerah Gubernur Riau, Kamis, 18 Juli 2024.

Namun demikian, SF mengaku belum menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Kemendagri. Padahal, Mendagri Tito Karnavian sudah mengultimatum agar Pj kepala daerah yang akan maju Pilkada harus sudah menyerahkan surat pengunduran diri, paling lambat 17 Juli 2024.

"Belum ada saya mengajukan surat pengunduran diri. (Soal maju Pilgubri) Doakan saja ya," jelasnya.



Dikonfirmasi kepada Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau, Eddy A Mohammad Yatim juga mengatakan hingga hari ini, DPRD Riau belum mendapatkan tembusan terkait surat pengunduran diri SF Hariyanto.

"Setelah dicek hingga hari ini tanggal 18 Juli 2024, tidak ada surat tembusan ke DPRD Riau tentang usulan pengunduran diri pak SF Hariyanto," jelas ketua komisi I DPRD Riau Eddy A Mohd Yatim.

Isu SF Hariyanto maju Pilgubri kini tengah menyita perhatian. Bermula semenjak baliho sosialisasi dirinya bertebaran dengan tema "Bersama Membangun Riau".

SF Hariyanto juga diisukan bakal maju sebagai Calon Gubernur yang berpasangan dengan Septina Primawati dari Partai Golkar, Abdul Wahid yang sudah diusung Partai PKB.

Namun, apabila belum menyampaikan pengunduran diri hingga 17 Juli 2024 dan akhirnya maju di Pilgubri 2024, maka SF Hariyanto akan melanggar imbauan Kemendagri.