Disdukcapil Percepat Perekaman KTP 3.441 Pemilih Pemula di Pekanbaru

Disdukcapil-antar-ktp-pemula.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) di Kota Pekanbaru mencapai 795.240. Dari jumlah itu, ternyata ada 3.441 orang pemilih pemula belum punya kartu identitas jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

"Jadi dari data itu ternyata ada tiga ribu pemilih pemula belum rekam KTP di Kota Pekanbaru," kata Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi, Rabu 17 Juli 2024.

Ia mengingatkan agar pemilih pemula bisa segera melakukan perekaman data kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru. Mereka mempercepat perekaman KTP bagi pemilih pemula atau warga yang menginjak usia 17 tahun.

Masykur mengatakan bahwa pemilih pemula bisa melakukan perekaman juga pada setiap akhir pekan. 

"Kita sudah melakukan percepatan perekaman, kita lakukan setiap hari Sabtu pada tiap pekan," jelasnya.



Lebih jauh ia menyampaikan, pemerintah kota berupaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Ia berharap proses pendataan harus benar dan valid.

Apalagi saat ini sedang dilakukan pendataan pemilih yang berlangsung hingga 24 Juli 2024 mendatang. Ia mendorong sosialisasi pilkada serentak agar berlangsung secara masif.

Masykur menyebut jumlah TPS di Kota Pekanbaru pada pilkada serentak lebih sedikit dibanding pada pemilu lalu. Total jumlah TPS pada pilkada nanti sebanyak 1.379 TPS.

"Ini jadi tantangan bagi kita karena jarak TPS semakin jauh, maka harus ada cara kreatif untuk meningkatkan minat pemilih datang ke TPS," tutupnya.